Berhektare-hektare, Inilah 5 Perguruan Tinggi Negeri Terluas di Indonesia

Kamis, 05 Mei 2022 - 23:17 WIB
loading...
A A A
Kampus kedua terluas di Indonesia adalah Universitas Riau yang berada di daerah Pekanbaru, Riau. Universitas ini mempunyai luas 700 Ha. Dilansir dari unri.ac.id, Universitas Riau atau biasa disingkat dengan Unri, berdiri pada 1 Oktober 1962.

Pada saat itu, Unri hanya mempunyai dua fakultas, yakni Fakultas Komersial dan Konstitusional, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sekarang Unri sudah mempunyai 10 fakultas, dengan jurusan yang beragam.

3. Universitas Andalas

Diurutan ketiga kategori kampus terluas, adalah Universitas Andalas. Universitas ini masih berada di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Kota Padang, Sumatera Barat.

Dilansir dari Unand.ac.id, Pada 1949 pemerintah Indonesia merencanakan untuk mendirikan Fakultas Hukum di Padang, Fakultas Kedokteran di Medan dan Fakultas Ekonomi di Palembang, tapi masih tertunda. Kemudian, pada 1955 pada akhirnya Mohammad Hatta meresmikan Universitas Andalas di Padang.

Kampus ini mempunyai luas sekitar 500 Ha (Hektare), dan berada pada ketinggian ± 200 m di atas permukaan laut.

4. Universitas Sumatra Utara (USU)

Diurutan keempat, masih berada di Pulau Sumatera, yakni Universitas Sumatra Utara atau USU. Universitas ini mempunyai luas 416 hektar. Dilansir dari usu.ac.id, universitas ini didirikan pada 4 Juni 1952 yang dipelopori oleh Gubernur Sumatera Utara.

Pada 1957, kemudian USU diresmikan oleh Presiden RI, Dr. Ir. Soekarno menjadi universitas negeri yang ketujuh di Indonesia. Sampai saat ini USU juga menjadi salah satu universitas incaran mahasiswa.

5. Universitas Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1647 seconds (0.1#10.140)