7 Kegiatan Ini Dapat Meningkatkan IQ Kalian

Kamis, 09 Desember 2021 - 14:34 WIB
loading...
7 Kegiatan Ini Dapat Meningkatkan  IQ Kalian
Salah satu cara untuk meningkatkan IQ kalian dengan bermain musik. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Intelligence Quotient (IQ) atau kecerdasan intelektual adalah jenis kecerdasan yang dijalankan oleh fungsi otak kiri. Sisi otak kiri bertanggung jawab untuk tugas yang kaitannya dengan logika, bahasa, serta pemikiran analitis.

Mereka dengan IQ tinggi termasuk orang-orang yang cerdas. Tingkat kecerdasan ini dapat diukur dengan tes IQ yang dipopulerkan oleh psikolog Prancis, Alfred Binet pada tahun 1900-an.



Beberapa studi mengungkapkan, ada berbagai cara untuk mengembangkan keterampilan yang kaitannya dengan level kecerdasan. Berdasarkan laman Healthline, ini dia sejumlah aktivitas untuk meningkatkan IQ.

Berikut 7 kegiatan yag bisa dilakukan untuk Meningkatkan IQ:

1. Memainkan Alat Musik
Ada penelitian yang menunjukkan, seorang musisi mempunyai memori kerja lebih baik ketimbang nonmusisi. Memainkan alat musik bisa mengasah memori dan kecerdasan.

2. Melatih Keterampilan Relasional
Pada sebuah studi tahun 2011, ditunjukkan bahwa penerapan teori kerangka relasional bisa membantu meningkatkan skor IQ secara signifikan pada anak-anak. Hasil penelitian itu juga diperkuat dengan studi terbaru yang menemukan, teori serupa bisa meningkatkan IQ sekaligus penalaran verbal dan penalaran numerik.

Kegiatan melatih keterampilan relasional ini termasuk pembelajaran bahasa (ini adalah...dan itu adalah...) dan perbandingan objek (cangkir penuh versus cangkir kosong).

3. Aktivitas Memori
Aktivitas melatih memori atau daya ingat bisa mempertajam kemampuan penalaran serta bahasa. Permainan memori juga sudah digunakan dalam penelitian untuk mengeksplorasi hubungan memori dengan bahasa serta pengetahuan yang dimiliki seseorang.

Penalaran dan bahasa sendiri memang digunakan untuk mengukur kecerdasan. Maka, kegiatan yang berkaitan dengan fungsi memori bisa dilakukan untuk menaikkan kecerdasan. Contoh kegiatan ini bisa berupa teka-teki silang, permainan kartu konsentrasi, sudoku, atau teka-teki gambar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8266 seconds (0.1#10.140)