Ini 10 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan

Kamis, 09 Desember 2021 - 19:14 WIB
loading...
Ini 10 Kebiasaan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan
Tingkat kecerdasan manusia dapat berubah. Artinya, otak manusia masih dapat distimulasi melalui berbagai hal untuk meningkatkan ketajamannya. Foto/Dok/Unpad
A A A
JAKARTA - Tingkat kecerdasan manusia dapat berubah. Artinya, otak manusia masih dapat distimulasi melalui berbagai hal untuk meningkatkan ketajamannya.

Dilansir dari laman Healthline, secara umum ada dua jenis kecerdasan. Pertama, adalah kecerdasan beku yang mencakup penguasaan kata, pengetahuan, dan keterampilan. Biasanya kecerdasan ini juga berkembang seiring kita tua. Kedua, ada kecerdasan cair yang terdiri dari analisis dan berpikir abstrak.



Berdasarkan beberapa penelitian, ada kebiasaan-kebiasaan mudah yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan. Simak sederet tipsnya di bawah ini:

1. Minum Teh Hijau
Mengapa minum teh hijau dapat mempertajam kerja otak? Sebab, di dalamnya terdapat kandungan kafein walaupun hanya sedikit.

Teh hijau pun kaya senyawa epigallocacetchin gallate (EGCG) yang menurut penelitian dapat mendorong pertumbuhan akson dan dendrit dalam neuron. Akson dan dendrit ini berfungsi mendukung neuron melakukan kerja-kerja yang bersifat kognitif.

Teh hijau turut direkomendasikan apabila ingin meningkatkan fokus dan memori. Kombinasi berbagai komponen di dalamnya menyebabkan teh hijau bermanfaat dalam kedua hal tersebut.



2. Konsumsi Kopi
Ada senyawa dalam otak bernama adenosin yang dapat menghentikan keluarnya zat-zat stimulan dalam otak. Tetapi, kopi dapat menghambat adenosin tersebut. Jadi, dapat dikatakan bahwa kopi akan merangsang performa mental dan pembelajaran dalam otak.

Kopi juga merupakan minuman yang mampu menegaskan fokus dan membantu menyerap informasi baru, namun lebih baik mengonsumsinya tidak berlebihan. Meminumnya secara berlebih dapat menyebabkan kecemasan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2125 seconds (0.1#10.140)