Mahasiswa STIE Ganesha Jakarta Dampingi Pelaku UMKM Pascapandemi

Jum'at, 10 Desember 2021 - 02:24 WIB
loading...
Mahasiswa STIE Ganesha Jakarta Dampingi Pelaku UMKM Pascapandemi
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ganesha Jakarta menggelar webinar bertema Kampus Sebagai Pilar Kebangkitan UMKM Indonesia 2022. Foto/Purwadi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi ( STIE ) Ganesha Jakarta menggelar webinar bertema 'Kampus Sebagai Pilar Kebangkitan UMKM Indonesia 2022'. Webinar yang diikuti puluhan mahasiswa dan dosen ini dalam rangka pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdampak pandemi Covid-19.

Ketua STIE Ganesha Jakarta Prof. Dr. Muhamad Said mengatakan, perguruan tinggi turut memiliki tanggung jawab untuk membantu memulihkan UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19, sebagai salah satu upaya membantu kebangkitan ekonomi bagi masyarakat Indonesia.



“Kampus memiliki tanggung jawab dalam pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat Pandemi Covid-19, antara lain melalui pemberdayaan UMKM dengan melakukan pelatihan dan pendampingan pelaku UMKM. Kami berharap dengan adanya Webinar ini akan memberi manfaat bagi banyak pihak, terutama mereka yang terlibat langsung, dan bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk Naik Kelas,” kata Prof. Dr. Muhamad Said, Kamis (9/12/2021).

Selin dihadiri puluhan mahasiswa pascasarjana STIE Ganesha, Webinar ini juga diikuti kalangan profesional seperti Dr. Syahnan Palipi.SH.MM. selaku Ketua Umum Himpunan Pengusaha Mikro dan Kecil Indonesia(Hipkimindo) dan Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda).

Prof. Dr.Muhamad Said selaku Ketua STIE Ganesha Jakarta yang juga menjabat Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Ir Joko Mulyono, ME.AWP.PUB selaku Financial Educator Syariah, serta sejumlah pelaku bisnis UMKM lainnya.



Webinar yang berlangsung sekitar 150 menit ini banyak membahas hal-hal penting untuk para pelaku UMKM, terutama bagi para pelaku bisnis UMKM yang baru mulai. Mereka akan dilakukan pendampingan secara khusus dimulai dari cara memikirkan produk yang akan dibuat, proses produksi, pengemasan hingga strategi pemasaran.

STIE Ganesha banyak mendorong bangkitnya UMKM 2022 pascapandemi yang menyebabkan banyaknya pelaku usaha mengalami kolaps dan terpuruk. Dalam rangka itulah mahasiswa pascasarjana STIE Ganesha Jakarta memberikan pelatihan dan pendampingan bagi para pelaku UMKM.

Dalam webinar ini para pelaku UMKM diajarkan bagaimana cara untuk mempromosikan produk-produk, membuat izin edar produk, strategi penguasaan pasar, cara pengelolaan uang serta tips-tips untuk bisa mengekspor produk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)