Vokasi UI Kenalkan Aplikasi Deteksi Gangguan Kesehatan Mental Tunarungu

Senin, 13 Desember 2021 - 11:15 WIB
loading...
A A A
“Aplikasi ini memberikan fitur edukasi, yaitu informasi tentang cara mengantisipasi gangguan mental pada anak tuna rungu. Fitur screening juga dihadirkan dalam bentuk self assessment serta fitur video call dengan psikolog professional,” ungkap Salwa.

Dia menjelaskan, Ugamax (Ular tangGa Max) merupakan permainan ular tangga yang dapat dimainkan anak dan orang tua untuk semakin saling mendekatkan diri. Selain itu, untuk meningkatkan minat belajar anak tunarungu melalui animasi 3D yang interaktif dalam mengenal benda.

Rangkaian kegiatan pengmas ini ditutup dengan kegiatan evaluasi pemahaman yang diadakan secara luring di SLB Negeri 11 Jakarta pada Rabu, 1 Desember 2021, dengan menaati protokol kesehatan daerah setempat.

“Kami berharap dengan dua kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan secara daring dan terakhir ditegaskan dengan kegiatan luring ini dapat memantapkan pemahaman tentang proses deteksi maupun tindak lanjut kasus gangguan mental anak,” ucapnya.

“Semoga orang tua juga tidak lagi menganggap gangguan mental adalah hal yang tabu dan tidak segan untuk segera konsultasi kepada ahli. Hal ini agar kasus gangguan mental dapat ditekan dan diatasi segera,” pungkasnya.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3021 seconds (0.1#10.140)