Ingin Menjadi Data Scientist? Kenali Dulu Beberapa Fakta Penting Berikut Ini

Kamis, 30 Desember 2021 - 13:40 WIB
loading...
A A A
Data Scientist Tidak Bekerja Sendiri
Pembahasan kali ini memang memberikan definisi secara umum yang dimaksudkan untuk membantu menentukan peran seorang data scientist dan tujuannya. Begitu juga keterampilan, kualifikasi, pendidikan, pengalaman, dan tanggung jawab yang terkait dengannya. Definisi ini bisa bersifat fleksibel, karena sebenarnya tidak ada definisi standar tentang peran data scientist. Apalagi keahlian individu juga harus disesuaikan dengan kebutuhan di industri.

Lebih lanjut tentang kerjanya, data scientist tidak sendiri. Faktanya, ada peran lain terkait data yang kadang-kadang dianggap sama, tapi sebenarnya berbeda. Beberapa di antaranya adalah analis data (data analyst). Jika dilihat dari load kerja, data scientist cenderung punya tanggung jawab lebih dan umumnya juga dianggap lebih senior dibanding data analyst.

Ada lagi data storyteller dan data artist, yang juga harus punya sense of art tersendiri. Mereka merupakan generasi baru, yang percaya pada kekuatan cerita dan seni. Dengan pengembangan cerita, maka data akan lebih bernilai daripada hanya angka-angka. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda berminat untuk belajar tentang data science yang masih sangat menjanjikan ini?

(Penulis: Tim Universitas Bakrie)
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1861 seconds (0.1#10.140)