Dosen Universitas Esa Unggul Latih Kemampuan Guru SMP Al Chasanah

Minggu, 19 Desember 2021 - 22:46 WIB
loading...
Dosen Universitas Esa Unggul Latih Kemampuan Guru SMP Al Chasanah
Tim dosen UEU menyelenggarakan pelatihan untuk Guru di SMP Al Chasanah, Jalan Tanjung Duren Barat III No. 1, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Foto/Dok/UEU
A A A
JAKARTA - Tim dosen Universitas Esa Unggul (UEU) menyelenggarakan pelatihan Peningkatan Pengetahuan Pedagogik, Kemampuan Reflektif, Kecerdasan Emosional dan Pola Komunikasi Instruksional pada Kompetensi Pedagogik Guru di SMP Al Chasanah, Jalan Tanjung Duren Barat III No. 1, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Materi Pelatihan Peningkatan Pengetahuan langsung disampaikan oleh tim dosen Universitas Esa Unggul dari Fakultas Ilmu Keguruan (FKIP), Fakultas Psikologi (FPsi) dan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom).



Wakil Kepala Sekolah SMP Al Chasanah Nanang Setia Budi, SS, menyambut baik kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Pkm) berupa kegiatan pelatihan peningkatan pedagogik yang diberikan pada guru-guru SMP Al Chasanah. Nanang berharap kerja sama antara UEU dan SMP Al Chasanah dalam peningkatan kompetensi para guru SMP Al Chasanah dapat terus berlanjut.

“Kami berterima kasih kepada tim dosen dari UEU dan Ditjen Diktiristek kerena SMP Al Chasanah dipilih sebagai salah satu mitra dalam pelaksanaan PkM ini. Kegiatan pelatihan peningkatan pedagogik ini sangat bermanfaat bagi para guru untuk meningkatkan kualitas mereka melaksanakan kewajiban mengajar dan mendidik para siswa,” kata Nanang.

Ketua Tim pelatihan Ratnawati Susanto mengatakan, kegiatan ini menggunakan bantuan pendanaan program penelitian Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KMBKM), dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan purwarupa perguruan tinggi swasta Ditjen Diktiristek Tahun Anggaran 2021.



Kegiatan yang juga melibatkan sekitar 40 orang mahasiswa dari Fikom, FKIP dan FPsi ini diselengarakan dalam beberapa tahap kegiatan.

“Awalnya kami melakukan tahap pengkondisian, dilanjut tahap satu sosialisasi konsep dan praktik model pengembangan kompetensi pedagogik, tahap dua refleksi diri dan pemetaan kekuatan dan kelemahan, tahap tiga peningkatan dan pengembangan pengetahuan dan keterampilan, tahap empat pengukuran dan evaluasi,” katanya.

Anggota satu tim dosen Yuli Asmi Rozali saat memberikan pelatihan peningkatan pedagogik bertopik 'Pengajaran Efektif' memaparkan bahwa emosi guru berkontribusi terhadap sikap dan kesiapan mendukung atau menolak untuk mengerti, memahami, menerima anak didik dan menjadi tolok ukuran awal dalam menjalankan relasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2397 seconds (0.1#10.140)