5 SMA Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK 2021

Sabtu, 25 Desember 2021 - 13:49 WIB
loading...
5 SMA Terbaik Berdasarkan Nilai UTBK 2021
SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta- DKI Jakarta. Foto/Dok/SMAN MH Thamrin
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT ) tahun ini kembali mengumumkan daftar Top 1000 sekolah berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Simak kembali 5 sekolah jenjang SMA yang masuk daftar teratas secara nasional.

Pada tahun ini, jumlah sekolah asal peserta UTBK sebanyak 23.110 sekolah. Namun dalam penilaian ini, sekolah yang diikutsertakan adalah sekolah yang peserta didiknya mengikuti UTBK 2021 lebih dari 40 orang. Jumlah sekolah yang memenuhi kriteria ini sebanyak 4.432 sekolah.



Metode pengukuran yang dipakai berdasarkan perhitungan 50% nilai UTBK tahun 2021 dan 50% nilai UTBK 2020. Nilai UTBK-nya sendiri dihitung berdasarkan 60% nilai Tes Potensi Skolastik (TPS) ditambah 40% Tes Kompetensi Akademik (TKA).

Sebaran sekolah yang masuk kedalam Top 1000 sekolah itu berasal dari jenjang SMA sebanyak 870 sekolah, MA 65 sekolah, SMK 64 sekolah, dan Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) sebanyak satu sekolah.

Berikut ini daftar 5 SMA terbaik di Indonesia yang masuk pemeringkatan Top 1.000 sekolah dengan rata-rata nilai UTBK 2021 paling tinggi yang dilansir dari laman LTMPT.



1. SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta- DKI Jakarta
Dilansir dari laman resminya, SMAN Unggulan M.H. Thamrin Jakarta mempunyai visi menjadi sekolah sains bertaraf internasional yang menghasilkan lulusan unggul dalam iman dan taqwa dan iptek serta berdaya saing global. Sekolah ini beralamat di Jalan Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur

2. SMAN 8 Jakarta-DKI Jakarta

Menurut laman Wikipedia, banyak tokoh dan selebritis terkenal Indonesia yang menjadi alumni sekolah negeri yang berlokasi di Jalan Taman Bukit Duri, Tebet, Jakarta Selatan ini. Diantaranya Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, Alissa Wahid, Nicholas Saputra, Nugie, Indra Herlambang hingga Sheila Dara Aisha.

3. SMAS Unggul DEL-Sumatera Utara
Sekolah swasta yang berada di desa Sitoluama, kecamatan Lagu Boti, kabupaten Toba, Sumatera Utara ini merupakan sekolah dibawah binaan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Wikipedia juga menyebut, sekolah ini didirikan pada 10 April 2012.

4. SMAS BPK 1 Penabur Bandung- Jawa Barat
Laman resminya menjelaskan, sejarah berdirinya SMAS BPK 1 Penabur Bandung ini bisa dirunut sejak 1965. Sekolah ini beralamat di Jalan Dursasana No 2-6, Pamoyanan, Cicendo, Bandung.

5. SMAS 1 Kristen BPK Penabur- DKI Jakarta.
Sekolah yang beralamat di Jalan Tanjung Duren Raya No 4, Grogol Petamburan, Jakarta Barat ini dirancang untuk membekali siswa agar menguasai ilmu pengetahuan yang berkualitas serta memiliki kecakapan hidup.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2324 seconds (0.1#10.140)