Ini Rahasia Finlandia Jadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Senin, 27 Desember 2021 - 23:40 WIB
loading...
Ini Rahasia Finlandia Jadi Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
Finlandia dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Selain dikenal sebagai negara paling bahagia, Finlandia juga dikenal sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Pendidikan di negeri ini secara rutin mengungguli Amerika Serikat dalam literasi membaca, sains, dan matematika.

Finlandia selalu menempati skor terbaik dalam survei penilaian siswa internasional (PISA) yang dilakukan tiga tahun sekali sejak 2000. Finlandia di peringkat ke-13 untuk skor matematika PISA, peringkat ke-4 literasi baca, dan peringkat ke-5 untuk sains.



Dilansir dari laporan Big Think yang dipublikasikan World Economic Forum (WEF), sistem pendidikan Finlandia dapat berfungsi dengan baik karena strukturnya ditopang oleh beberapa prinsip utama: Pertama dan terpenting akses yang sama terhadap pendidikan dan siswa diberi kebebasan memilih jalur edukatif mereka berdasarkan minat dan bakat.

Di Finlandia ujian nasional juga ditiadakan. Alasannya, karena khawatir sekolah dan peserta didik, malah fokus ke ujian ketimbang pengembangan murid. Selain itu, ada sejumlah hal yang membuat negeri tersebut berada di urutan teratas soal pendidikan.



Berikut sejumlah cara kerja sistem pendidikan Finlandia yang membuat negara itu berada di posisi teratass soal edukasi:

1. Pendidikan Usia Dini
Pendidikan usia dini di Finlandia dirancang dengan menggunakan konsep belajar melalui bermain. Anak-anak Finlandia tidak diharuskan bersekolah sampai menginjak usia 6 tahun, sebelum menginjak pendidikan pra-sekolah dasar.

Namun, bukan berarti orang tua tidak bisa memulai pendidikan lebih awal, karena Finlandia menawarkan program pendidikan dan perawatan anak usia dini (early childhood education and care) yang dapat disesuaikan anggaran, ukuran kelas, dan tujuan pendidikannya.

Menurut situs web Badan Pendidikan Finlandia, program ini menggunakan model "belajar melalui permainan" untuk mempromosikan pertumbuhan seimbang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3695 seconds (0.1#10.140)