Mengenal Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Terbaik, Nomor 1 dari Indonesia

Jum'at, 31 Desember 2021 - 11:01 WIB
loading...
A A A
THE melakukan pemeringkatan berdasarkan tiga bidang utama kegiatan universitas, yaitu penelitian, dampak, dan pengajaran perguruan tinggi terkait. THE menggunakan13 indikator yang memberikan gambaran mengenai kinerja perguruan tinggi ke dalam empat kelompok, yaitu:

1. Pendidikan pengajaran, yang mencakup kualitas pengajaran, lingkungan belajar, dan kesiapan kerja lulusan suatu perguruan tinggi.
2. Penelitian, yang mencakup volume penelitian, pendapatan hasil penelitian dari industri, dan reputasi sitasi.
3. Pandangan internasional terhadap staf, mahasiswa, dan dosen.
4. Transfer pengetahuan dan teknologi.

3. Webometrics
Webometrics merupakan salah satu lembaga yang membuat ranking perguruan tinggi dengan skala internasional melalui volume dan konten web serta sitasi publikasi perguruan tinggi. Sistem pemeringkatan Webometrics ini seringkali disebut sebagai pemeringkatan web perguruan tinggi (Ranking Web of University).

Dalam melakukan penilaian dan menentukan ranking sebuah perguruan tinggi, Webometrics menggunakan empat indikator utama, yaitu:
1. Presence, yang dinilai berdasarkan laman web dan laman dinamik perguruan tinggi terkait, yang tertangkap oleh mesin pencarian Google.
2. Impact, yang dinilai berdasarkan jumlah tautan eksternal (backlink) yang diterima domain web perguruan tinggi (inlinks), yang tertangkap oleh mesin pencarian Google.
3. Openness, yang dinilai berdasarkan jumlah file dokumen daring dalam domain website perguruan tinggi yang tertangkap oleh mesin pencarian Google.
4. Excellence, yang dinilai berdasarkan jumlah paper ilmiah yang dipublikasikan dan terindeks di Google Scholar dan Scimago Institution Ranking.

4. QS World University Ranking (QS WUR)
QS World University Ranking (QS WUR) melakukan penilaian perguruan tinggi terbaik berdasarkan sitasi, produktivitas, dampak penelitian, dan hasil survei global yang dilakukan kepada para pengguna, lulusan, dan kalangan akademisi.

Penentuan ranking perguruan tinggi dalam QS WUR dilakukan dengan total skor dari indikator dan pembobot masing-masing indikator tersebut. Berikut adalah indikator dan pembobot dalam perankingan QS WUR:

1. Reputasi akademik, yang dinilai berdasarkan opini sekitar 100 ribu ahli atau akademisi. Reputasi akademik ini memiliki bobot nilai 40%.
2. Reputasi lulusan perguruan tinggi di dunia kerja, yang diambil dari sekitar 50 ribu responden. Penilaian ini mencakup kriteria kompetensi, inovasi, dan efektivitas kerja lulusan perguruan tinggi terkait. Reputasi lulusan perguruan tinggi di dunia kerja ini memiliki bobot nilai 10%.
3. Rasio dosen dan mahasiswa, yang diperoleh dengan membandingkan jumlah pengajar dengan mahasiswa untuk melihat efektivitas perkuliahan perguruan tinggi terkait. Rasio dosen dan mahasiswa ini memiliki bobot nilai 20%.
4. Sitasi setiap dosen, yang dilakukan untuk melihat gambaran kuantitas dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan perguruan tinggi terkait. Sitasi setiap dosen ini memiliki bobot nilai 20%.
5. Rasio dosen internasional, yang memiliki bobot nilai 5%.
Itulah 4 lembaga kredibel dapat kamu gunakan dalam memilih perguruan tinggi terbaik.

(Penulis: Salman Hakim Darwadi)
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)