Mahasiswa, Gaji Lulusan Teknik Pertanian Capai Ratusan Juta Loh

Minggu, 02 Januari 2022 - 17:00 WIB
loading...
Mahasiswa, Gaji Lulusan Teknik Pertanian Capai Ratusan Juta Loh
Jurusan Teknik Pertanian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Gaji lulusan Teknik Pertanian mencapai puluhan juta? Mengingat jurusan ini termasuk sebagai salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja cukup luas. Pembelajaran mengenai segala hal tentang pertanian dapat kamu pelajari di jurusan Teknik Pertanian. Tidak kalah dengan jurusan Teknik lainnya, jurusan ini juga cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Meskipun banyak diminati, tapi masih ada saja stigma stigma yang menganggap remeh jurusan ini, seperti menganggap bahwa lulus dari jurusan teknik pertanian, kamu hanya akan bisa menjadi petani. Padahal, di jurusan Teknik pertanian, kamu akan mempelajari juga berbagai penerapan teknik di berbagai bidang yang berkaitan dengan pertanian, seperti teknik mesin budidaya pertaniannya, teknil hasil pengelolaan, seperti teknik mempelajari tanah dan sumber daya air untuk pertanian, hingga koding, statiska, dan lain-lain.



Untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil jurusan Teknik Pertanian pasti bertanya tanya mengenai peluang kerja yang akan diperoleh, dan gaji yang akan didapat. Apakah sulit atau tidak menemukan pekerjaan dari jurusan ini? gajinya dapet mencukupi kebutuhan sehari-hari atau tidak? Kamu tidak perlu lagi khawatir, prospek kerja untuk lulusan jurusan Teknik Pertanian cukup luas, dan gaji yang ditawarkan terbilang besar.

Ketika kamu lulus, akan ada banyak pekerjaan yang dapat kamu pilih. Gaji yang akan kamu peroleh juga akan sesuai dengan pekerjaan yang kamu ambil. Setiap pekerjaan akan memberikan penawaran gaji yang berbeda-beda, ketika kamu ingin memperoleh gaji yang besar, carilah pekerjaan yang memberikan penawaran tersebut. Tentu hal tersebut bukanlah hal yang mudah, kamu perlu bersaing dengan para pelamar lainnya dan perusahaan akan mengambil calon karyawan yang paling berkompeten untuk menempati posisi pekerjaan tersebut.



Untuk lulusan Teknik Pertanian, berbagai gaji yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari jutaaan hingga ratusan juta dapat kamu peroleh. Beberapa pekerjaan yang memberikan peluang dan gaji lulusan Teknik Pertanian yang dapat kamu peroleh adalah:

1. Instansi Pemerintah
Ketika kamu lulus, kamu dapat langsung melamar di instansi pemerintahan, seperti BUMN, dinas pertanian, atau menjadi calon PNS. Gaji pokok yang dapat kamu peroleh jika bekerja di instansi pemerintah minimal Rp2 juta belum ditambah dengan berbagai tunjangan yang cukup besar juga.

2. Peneliti
Memang sedikit yang minat menjadi seorang peneliti. Tapi, pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang gemar dalam hal riset dan bereksperimen. Hasil penelitianmu dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat di bidang pertanian. Gaji yang akan kamu peroleh mulai dari Rp7 juta hingga puluhan juta loh!

3. Dosen atau Tenaga pengajar
Bukan tidak mungkin seorang lulusan Teknik Pertanian menjadi seorang pendidik. Jika kamu punya ketertarikan di bidang mengajar, kamu dapat mencoba pekerjaan ini. Kamu dapat mengajar di sekolah atau di tingkat universitas (minimal S2). Gaji yang akan kamu peroleh mulai dari Rp5 juta, dan akan mendapatkan gaji lebih besar ditambah dengan berbagai tunjangan yang akan kamu peroleh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2401 seconds (0.1#10.140)