Ini 7 Cara Mudah Belajar Matematika

Kamis, 06 Januari 2022 - 21:17 WIB
loading...
A A A
4. Pahami rumus, bukan hafal rumus
Banyak yang merasa kesulitan saat mengerjakan matematika karena yang dilakukan adalah menghafal rumus, bukan memahami rumus. Menghafal rumus hanya bisa bertahan dalam jangka pendek karena ada kemungkinan tidak bisa mengingat rumusnya dalam waktu yang lama. Berusaha untuk memahami rumus akan melatih otak untuk berpikir dan mengetahui bagaimana rumus diperoleh, sehingga kamu tetap mengerti dan bisa cari solusi kalau jenis soalnya dibolak-balik. Dengan memahami rumus, pasti kamu juga akan sekaligus hafal rumus dengan sendirinya.



5. Cari trik untuk mengerjakan soal
Biasanya matematika jadi mata pelajaran yang bikin malas karena proses hitung yang rumit dan panjang. Padahal, ada cara mudah belajar matematika dengan mengetahui banyak trik untuk menghitung cepat yang bisa dipraktekkan supaya proses menghitungnya jadi lebih gampang. Trik seperti ini ada banyak jenisnya, seperti menghitung perkalian atau pembagian pakai tangan atau tabel, sampai menghitung permutasi. Cari tahu banyak trik menghitung cepat seperti ini dari guru matematika di sekolah atau lewat internet.

6. Kerjakan latihan soal dengan teratur
Paham materi tidak cukup untuk siap mengerjakan soal matematika. Karena diperlukan berlatih mengerjakan contoh soal dengan teratur, dimulai dari soal yang paling mudah hingga yang kompleks. Mengerjakan soal berkali-kali bisa bikin kamu berlatih untuk memecahkan berbagai variasi soal untuk rumus tertentu.

Selain itu juga bisa mengetahui seberapa jauh pemahaman mengenai materi yang sedang dipelajari. Dengan sering berlatih dan menyelesaikan banyak soal, pastinya jadi lebih siap untuk menghadapi ujian yang biasanya soalnya tidak ketebak.

7. Jangan ragu tanya guru atau teman
Ketika dihadapkan dengan soal yang rumit, jangan dihadapi sendirian dan jadi stres sendiri. Tanya ke guru atau diskusi dengan teman selalu bisa jadi solusi kalau ketemu soal yang bikin stuck sehingga bisa dapat masukan atau cara baru untuk memecahkan soal yang belum diketahui sebelumnya.
(mpw)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3353 seconds (11.210#12.26)