Ini 7 Cara Mudah Belajar Matematika

Kamis, 06 Januari 2022 - 21:17 WIB
loading...
Ini 7 Cara Mudah Belajar Matematika
mata pelajaran matematika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Matematika masih menjadi mata pelajaran yang ditakuti oleh para pelajar. Padahal mempelajari ilmu matematika ini sangat berguna dalam kehidupan. Oleh karena itu simak 7 cara mudah belajar matematika berikut ini untuk menambah motivasi belajar matematika.

Tanpa disadari, kita selalu mempraktikkan hitung-hitungan matematika dasar di kehidupan sehari-hari. Seperti menghitung kembalian uang sehabis belanja, menghitung kuota yang dibutuhkan kalau mau main game online, dan masih banyak lagi.



Selain itu, dengan mempelajari matematika juga sangat melatih otak untuk berpikir logis, dan juga melatih ketelitian dan kecermatan. Lalu bagaimana cara mudah untuk mempelajari matematika?

Berikut ini 7 tips mudah belajar matematika agar dapat membangun rasa penasaran dan siapa tahu akan jatuh cinta dengan pelajaran matematika ini yang dilansir dari laman gokampus.com.

1. Ubah mindset bahwa matematika itu tidak rumit
Buang jauh-jauh pikiran kalau matematika itu sulit. Penting untuk mengubah mindset dan meyakinkan diri sendiri bahwa matematika itu tidak rumit dan bisa dipahami. Sugesti yang positif tentunya bisa bikin lebih termotivasi untuk belajar matematika dan tidak gampang menyerah kalau menemukan materi yang sulit. Ingat juga kalau matematika dibutuhkan buat hidup sehari-hari, sehingga matematika pun butuh dipelajari.



2. Cari atau buat suasana belajar jadi menyenangkan
Lingkungan belajar yang nyaman pasti bisa meningkatkan konsentrasi untuk belajar matematika. Cari suasana baru seperti belajar di coffee shop, perpustakaan, coworking space, atau bahkan alam terbuka. Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke luar rumah, bisa dengan membuat kamar atau meja belajar menjadi rapi dan senyaman mungkin supaya lebih semangat belajar.

3. Buat catatan rumus dengan rapi
Buat catatan rumus dengan rapi dalam buku catatan favorit menjadi tips ketiga. Ada studi yang menyatakan kalau mencatat dapat melatih daya ingat, karena adanya proses mengolah materi yang diterima menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri. Selain itu, proses belajar yang dilalui pasti lebih efektif karena tidak perlu bolak-balik halaman buku materi hanya untuk cari satu baris rumus.

Supaya catatan lebih cantik dan enak dilihat, bisa pakai penanda warna-warni atau highlighter, stiker atau gambar yang relevan, dan juga font-font menarik untuk penamaan judul di awal.

4. Pahami rumus, bukan hafal rumus
Banyak yang merasa kesulitan saat mengerjakan matematika karena yang dilakukan adalah menghafal rumus, bukan memahami rumus. Menghafal rumus hanya bisa bertahan dalam jangka pendek karena ada kemungkinan tidak bisa mengingat rumusnya dalam waktu yang lama. Berusaha untuk memahami rumus akan melatih otak untuk berpikir dan mengetahui bagaimana rumus diperoleh, sehingga kamu tetap mengerti dan bisa cari solusi kalau jenis soalnya dibolak-balik. Dengan memahami rumus, pasti kamu juga akan sekaligus hafal rumus dengan sendirinya.



5. Cari trik untuk mengerjakan soal
Biasanya matematika jadi mata pelajaran yang bikin malas karena proses hitung yang rumit dan panjang. Padahal, ada cara mudah belajar matematika dengan mengetahui banyak trik untuk menghitung cepat yang bisa dipraktekkan supaya proses menghitungnya jadi lebih gampang. Trik seperti ini ada banyak jenisnya, seperti menghitung perkalian atau pembagian pakai tangan atau tabel, sampai menghitung permutasi. Cari tahu banyak trik menghitung cepat seperti ini dari guru matematika di sekolah atau lewat internet.

6. Kerjakan latihan soal dengan teratur
Paham materi tidak cukup untuk siap mengerjakan soal matematika. Karena diperlukan berlatih mengerjakan contoh soal dengan teratur, dimulai dari soal yang paling mudah hingga yang kompleks. Mengerjakan soal berkali-kali bisa bikin kamu berlatih untuk memecahkan berbagai variasi soal untuk rumus tertentu.

Selain itu juga bisa mengetahui seberapa jauh pemahaman mengenai materi yang sedang dipelajari. Dengan sering berlatih dan menyelesaikan banyak soal, pastinya jadi lebih siap untuk menghadapi ujian yang biasanya soalnya tidak ketebak.

7. Jangan ragu tanya guru atau teman
Ketika dihadapkan dengan soal yang rumit, jangan dihadapi sendirian dan jadi stres sendiri. Tanya ke guru atau diskusi dengan teman selalu bisa jadi solusi kalau ketemu soal yang bikin stuck sehingga bisa dapat masukan atau cara baru untuk memecahkan soal yang belum diketahui sebelumnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)