15 Jurusan bagi Anak IPA Bidang MIPA, Kedokteran, Teknik Komputer, dan Teknologi

Sabtu, 08 Januari 2022 - 14:46 WIB
loading...
A A A
Dimulai dengan fase akademik lalu dilanjut dengan pendidikan profesi. Contoh mata kuliah Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, antara lain Oral Biologi, Pedodonsia, Konservasi Gigi, Farmakologi, dan Ilmu Kesehatan Anak.

C. Bidang Teknik
7. Teknik Geologi
Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Seperti apa contohnya? Hal yang menjadi kajian dari jurusan saintek ini, yaitu mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

8. Teknik Sipil
Jurusan Teknik Sipil berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Jangan heran, jika nanti melanjutkan studi ke jurusan saintek ini, ada beberapa tugas yang mendorongmu untuk menggambar. Contoh mata kuliah Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember, yaitu Penggambaran Struktur Bangunan Berbasis ARCHICAD, Perencanaan Pelabuhan, Geometrik Jalan Raya, Manajemen Konstruksi & Aspek Hukum, dan Prasarana transportasi.

9. Teknik Kimia
Selain Jurusan Kimia, ternyata ada juga pilihan Jurusan Teknik Kimia untuk anak IPA. Perbedaannya adalah fokus pembelajaran Teknik Kimia yang mengedepankan proses olahan bahan mentah menjadi bahan guna lainnya, bisa bahan jadi atau setengah jadi.

Mata kuliah Jurusan Teknik Kimia, contohnya Pengantar Mikrobiologi Industri, Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Perancangan Alat Proses.

10. Teknik Perkapalan
Jurusan untuk anak IPA yang bisa jadi pertimbangan adalah Teknik Perkapalan yang akan mempelajari secara mendalam mengenai kapal dan dunia maritim secara umum. Sebagai salah satu cabang Jurusan Teknik, mata kuliah yang diberikan teuteup ada embel-embel Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan Komputasi Teknik.

Selain itu, didukung juga dengan mata kuliah keahlian Teknik Perkapalan, contohnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, hingga Merancang Kapal.

11. Teknik Elektro
Jurusan Teknik Elektro berkaitan erat dengan bidang kelistrikan, guys. Mata kuliah keahlian yang diberikan di jurusan saintek yang diambil dari contoh prodi Elektro Universitas Jenderal Soedirman, antara lain Bahan Listrik, Fisika Teknik, Konsep Telekomunikasi Sistem Mikroprosesor, dan Praktikum Konversi Energi.

D. Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi
12. Jurusan Ilmu Komputer
Tidak dapat dipungkiri, ya, gengs, kemajuan teknologi benar-benar pesat beberapa tahun ke belakang. Nggak heran juga, jurusan saintek di bidang ilmu komputer dan teknologi makin banyak diminati. Ada baiknya, sebelum kamu memilih Jurusan Ilmu Komputer, kenali dulu mata kuliah yang akan kamu pelajari. Sebagai contoh, nih, di IPB University, kamu akan belajar Dasar Pemrograman, Kecerdasan Buatan, Pengantar Teknologi Geospasial, Keamanan Informasi, dan Data Mining.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)