15 Jurusan bagi Anak IPA Bidang MIPA, Kedokteran, Teknik Komputer, dan Teknologi

Sabtu, 08 Januari 2022 - 14:46 WIB
loading...
15 Jurusan bagi Anak IPA Bidang MIPA, Kedokteran, Teknik Komputer, dan Teknologi
Jurusan Teknik Komputer. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pilihan jurusan untuk anak IPA terdiri dari bermacam ragam. Ketahui 15 jurusan apa yang bisa menjadi rekomendasi untuk anak IPA yang tertarik mendalami bidang MIPA, kedokteran, teknik serta komputer dan teknologi.

Mencari jurusan di perguruan tinggi memang tidak boleh salah pilih. Sebab jurusan yang akan dijalani di bangku kuliah nanti akan menjadi penentu masa depan. Coba dilihat lagi hasil belajar di sekolah. Nilai mata pelajaran apa yang lebih unggul dari yang lainnya.



Dari hasil belajar tadi kemudian refleksikan ke diri sendiri, apakah dirimu bahagia menjalaninya. Sebab jurusan yang mau dipilih sebaiknya disesuaikan dengan hasrat, minat dan bakat.

Khusus untuk anak IPA, berikut ini 15 rekomendasi jurusan bagi calon mahasiswa yang tertarik mendalami bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam (MIPA), kedokteran, teknik serta computer dan teknologi dilansir dari laman resmi Ruang Guru di ruangguru.com.

A. Bidang MIPA
Jurusan kuliah untuk anak IPA pada bidang ini bisa kamu temukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

1. Jurusan Astronomi
Salah satu perguruan tinggi yang membuka Jurusan Astronomi adalah Institut Teknologi Bandung. Akan belajar apa saja di prodi ini? Kurikulum Jurusan Astronomi di ITB memiliki tiga sub-bidang kajian: Galaksi dan Kosmologi, Fisika Bintang, dan Tata Surya.

Mata kuliah di jurusan saintek yang satu ini juga mencakup berbagai ilmu, seperti geometri, algoritma pemrograman, kalkulus, termodinamika, fisika kuantum, dan mekanika.



2. Jurusan Geografi
Kalau mata pelajaran Geografi dipelajari di jurusan IPS ketika SMA, ternyata bidang ilmu ini nyatanya masuk ke jurusan saintek. Secara garis besar, mahasiswa Jurusan Geografi akan dibekali pengetahuan untuk menganalisis persoalan yang menyangkut ekologi dan kajian wilayah.

Mata kuliah yang akan didapatkan, antara lain: Sistem Informasi Geografis, Evaluasi dan Konservasi Sumber Daya Alam, Oseanografi, Geografi Pariwisata hingga Analisis Risiko Bencana Alam.

3. Jurusan Bioteknologi
Sudah pernah dengar Jurusan Bioteknologi? Salah satu perguruan tinggi yang membuka prodi ini adalah Universitas Negeri Malang. Selain dibekali dengan mata kuliah keahlian wajib, seperti Mikrobiologi, Genetika, Kimia Pangan Fungsional, Imunologi, dan Bioinformatika, mahasiswa juga diberi ruang untuk memilih mata kuliah peminatan.

Jurusan Bioteknologi di UM memberikan tiga peminatan bidang, yaitu Bioteknologi Industri, Bioteknologi Lingkungan, dan Bioteknologi Kesehatan. Masing-masing bidang peminatan akan didukung dengan pemahaman materi yang lebih mendalam.

B. Bidang Kedokteran
4. Jurusan Kedokteran
Jurusan kuliah untuk anak IPA yang satu ini tentunya sudah nggak asing. Sistem pembelajaran untuk Jurusan Kedokteran akan berbeda antara satu perguruan tinggi dengan yang lainnya.

Sebagai contoh, Jurusan Kedokteran UGM, mempersiapkan peserta didik untuk menempuh pendidikan akademik selama 3,5 tahun. Setelah itu, perkuliahan dilanjutkan dengan fase profesi selama 2 tahun.

Materi pembelajaran disusun secara bertahap, mulai dari dasar pemahaman fisiologis dan homeostasis, hubungan antara kondisi sehat dan sakit, hingga keterampilan klinis.

5. Jurusan Kedokteran Hewan
Bagi yang punya anabul (anak bulu) di rumah dan mau serius mikirin kebahagiaan dan kesejahteraannya, jurusan kuliah IPA satu ini cocok banget buatmu. Mengambil contoh dari IPB University, mahasiswa Jurusan Kedokteran Hewan akan dibekali kemampuan teori dan praktik sesuai bidang ini.

Beberapa materi kuliahnya, antara lain Profesi Veteriner dan Kesejahteraan Hewan, Anatomi Veteriner, Farmakologi, Ilmu Bedah Umum Veteriner, dan Manajemen Kesehatan Satwa Aquatik. Seperti Jurusan Kedokteran umum, mahasiswa jurusan ini juga dibekali dengan pendidikan profesi setelah menyelesaikan fase akademik selama 8 semester.



6. Jurusan Kedokteran Gigi
Tidak lepasnya aktivitas manusia dari makan dan minum maka kesehatan gigi dan mulut terus terjaga. Disinilah keberadaan dokter gigi berperan penting. Sama halnya dengan dokter umum, jurusan kedokteran gigi juga ada tahapan belajar.

Dimulai dengan fase akademik lalu dilanjut dengan pendidikan profesi. Contoh mata kuliah Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran, antara lain Oral Biologi, Pedodonsia, Konservasi Gigi, Farmakologi, dan Ilmu Kesehatan Anak.

C. Bidang Teknik
7. Teknik Geologi
Lingkup pengetahuan Jurusan Teknik Geologi mencakup segala hal yang berkaitan dengan bumi, mulai dari permukaan hingga isi bumi. Seperti apa contohnya? Hal yang menjadi kajian dari jurusan saintek ini, yaitu mineral, gas bumi, nikel, hingga emas.

Beberapa mata kuliah yang mendukung keahlian mahasiswa diambil dari kurikulum Jurusan Teknik Geologi Universitas Diponegoro, contohnya Geotermal, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Teknik Pemboran, Vulkanologi, dan Geostatistika.

8. Teknik Sipil
Jurusan Teknik Sipil berkaitan erat dengan pembangunan infrastruktur dan perancangan bangunan. Jangan heran, jika nanti melanjutkan studi ke jurusan saintek ini, ada beberapa tugas yang mendorongmu untuk menggambar. Contoh mata kuliah Jurusan Teknik Sipil Universitas Jember, yaitu Penggambaran Struktur Bangunan Berbasis ARCHICAD, Perencanaan Pelabuhan, Geometrik Jalan Raya, Manajemen Konstruksi & Aspek Hukum, dan Prasarana transportasi.

9. Teknik Kimia
Selain Jurusan Kimia, ternyata ada juga pilihan Jurusan Teknik Kimia untuk anak IPA. Perbedaannya adalah fokus pembelajaran Teknik Kimia yang mengedepankan proses olahan bahan mentah menjadi bahan guna lainnya, bisa bahan jadi atau setengah jadi.

Mata kuliah Jurusan Teknik Kimia, contohnya Pengantar Mikrobiologi Industri, Pengolahan Air dan Limbah Industri, dan Perancangan Alat Proses.

10. Teknik Perkapalan
Jurusan untuk anak IPA yang bisa jadi pertimbangan adalah Teknik Perkapalan yang akan mempelajari secara mendalam mengenai kapal dan dunia maritim secara umum. Sebagai salah satu cabang Jurusan Teknik, mata kuliah yang diberikan teuteup ada embel-embel Menggambar Teknik, Matematika Teknik, dan Komputasi Teknik.

Selain itu, didukung juga dengan mata kuliah keahlian Teknik Perkapalan, contohnya Proses Manufaktur Kapal, Mekanika Fluida Dasar Kapal, hingga Merancang Kapal.

11. Teknik Elektro
Jurusan Teknik Elektro berkaitan erat dengan bidang kelistrikan, guys. Mata kuliah keahlian yang diberikan di jurusan saintek yang diambil dari contoh prodi Elektro Universitas Jenderal Soedirman, antara lain Bahan Listrik, Fisika Teknik, Konsep Telekomunikasi Sistem Mikroprosesor, dan Praktikum Konversi Energi.

D. Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi
12. Jurusan Ilmu Komputer
Tidak dapat dipungkiri, ya, gengs, kemajuan teknologi benar-benar pesat beberapa tahun ke belakang. Nggak heran juga, jurusan saintek di bidang ilmu komputer dan teknologi makin banyak diminati. Ada baiknya, sebelum kamu memilih Jurusan Ilmu Komputer, kenali dulu mata kuliah yang akan kamu pelajari. Sebagai contoh, nih, di IPB University, kamu akan belajar Dasar Pemrograman, Kecerdasan Buatan, Pengantar Teknologi Geospasial, Keamanan Informasi, dan Data Mining.

13. Jurusan Sistem Informasi
Masih dalam bidang ilmu komputer dan teknologi, di Jurusan Sistem Informasi kamu akan mempelajari berbagai materi keahlian, seperti Basis Data, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Statistika Inferensi, dan Pemrograman Web. Di samping itu, ada juga beberapa mata kuliah pilihan, seperti yang ditawarkan di Jurusan Sistem Informasi Universitas Airlangga, berupa materi Perancangan Sistem Interaksi E-Health dan Metode Kuantitatif Bisnis.

14. Jurusan Informatika
Pilihan jurusan kuliah untuk anak IPA, khususnya yang senang dengan perkembangan teknologi, selain Jurusan Ilmu Komputer, ya, ada Jurusan Informatika. Mahasiswa akan mempelajari berbagai mata kuliah untuk menopang keahlian diri untuk menjadi ahli di bidang ini, seperti Rekayasa Lunak, Fundamental Pengembangan Aplikasi, Pengembangan Aplikasi Informatika Medis, serta Sistem dan Jaringan Komputer.

Di samping itu, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengambil mata kuliah pilihan, seperti Kapita Selekta Informatika Medis, Big Data, Forensika Digital, Keamanan Siber dan Informasi, dan Intelijen Bisnis.

15. Jurusan Teknologi Informasi
Ada beberapa mata kuliah yang serupa di kurikulum Jurusan Teknologi Informasi dengan Jurusan Sistem Informasi, seperti materi Pemrograman Web dan Jaringan. Jurusan saintek ini juga mendorong mahasiswa untuk belajar materi keahlian lainnya, seperti Arsitektur Data, Desain Interaksi, Efek Visual dan Animasi, Sistem Sensor dan Aplikasi, dan Digital Forensik.

Selain 15 jurusan kuliah untuk IPA yang telah disebutkan di atas, ada juga jurusan saintek yang bisa dipilih, seperti Kesehatan Masyarakat, Ilmu Gizi, Farmasi, dan Ilmu Keperawatan. Sebelum menetapkan satu jurusan, pastikan setidaknya mengenal mata kuliah yang akan diajarkan. Dengan begitu, ketika kuliah nanti tidak akan kaget atau bahkan merasa salah masuk jurusan.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2966 seconds (0.1#10.140)