Begini Cara Mengajukan Visa Pelajar dan Tipsnya

Kamis, 13 Januari 2022 - 23:43 WIB
loading...
A A A
Selain itu, beberapa negara mewajibkan pemohon visa untuk melakukan wawancara. Biasanya nantinya akan ditanya mengenai motivasi serta alasan mengapa memilih melanjutkan studi di negara tersebut. Jadi, disarankan agar berlatih terlebih dahulu supaya lancar saat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Langkah 4: Pengambilan visa
Pemrosesan visa membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Nantinya, pemohon visa akan mendapat email pemberitahuan jika visa sudah dapat diambil.

Perlu diingat, pengambilan visa harus dilakukan sendiri oleh pemohon visa atau juga dapat meminta bantuan orang lain dengan memberikan surat kuasa.

B. Tips dalam Mengajukan Visa Pelajar

1. Cek jenis visa negara tujuan
Setiap negara mempunyai persyaratan dan jenis visa pelajar yang berbeda-beda. Di Singapura dan Malaysia contohnya, visa yang digunakan adalah jenis student pass. Sedangkan, Australia membagi visa pelajar menjadi 8 sub-klasifikasi tergantung dari program studi mana yang dipilih.

Jadi, pastikan untuk mengecek di kedutaan/konsulat negara tujuan untuk tahu persis jenis visa pelajar apa yang diperlukan.

2. Pilih sertifikat tes bahasa yang sesuai
Terdapat beragam jenis tes bahasa yang dapat ikuti. Contohnya IELTS yang memiliki 2 jenis tes yaitu Academic dan General. Untuk study abroad, Hunters harus mengambil IELTS Academic.

Berbeda dengan TOEFL yang terdiri dari 4 jenis, yaitu iBT, CBT, PBT dan ITP. Sertifikat hasil keempat jenis tes ini dapat digunakan untuk urusan kuliah. Namun, jenis ITP biasanya tidak diakui secara internasional.

Maka sebaiknya cek dulu apakah universitas tujuan dapat menerima sertifikat TOEFL ITP ini ataukah tidak.

3. Pastikan ada 4-6 halaman kosong di paspor
Beberapa negara mewajibkan minimal ada 2 lembar kosong yang saling berhadapan di paspor untuk pengajuan visa. Apabila tidak ada lembar kosong di paspor, maka akan diminta untuk memperbaruinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)