3.004 Peserta Lulus Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2, Ini Pesan Nadiem

Rabu, 19 Januari 2022 - 23:09 WIB
loading...
A A A
Mendikbudristek berpesan agar guru menjadi pelopor Merdeka Belajar dan Merdeka Mengajar di sekolah masing-masing. Ia juga mengapresiasi para pengajar praktik, fasilitator, dan instruktur yang telah berpartisipasi dalam program Pendidikan Guru Penggerak.

“Inilah waktunya kita bersama-sama memulihkan pembelajaran. Mari kita terus menjadi penggerak perubahan, maju ke depan, serentak mewujudkan Merdeka Belajar,” imbau Nadiem.

Sampai Desember 2021 Program PGP telah berlangsung sebanyak empat angkatan. Program untuk Angkatan 2 dimulai 13 April 2021, angkatan 3 dimulai bulan 13 Agustus 2021, dan angkatan 4 dimulai 14 Oktober 2021. Angkatan 2 telah mengakhiri programnya pada 18 Desember 2021.

Program PGP angkatan 2 awalnya diikuti oleh peserta sebanyak 3.140 orang CGP yang berasal dari 71 kab/kota di 23 provinsi. Dalam perjalanannya terdapat 131 peserta yang tidak dapat melanjutkan dengan berbagai alasan, sehingga pada akhir program peserta berjumlah 3.009 orang.



Setelah menjalankan program selama sembilan bulan dan penilaian yang diberikan oleh fasilitator dan pendamping maka dinyatakan lulus sebanyak 3.004 orang.

Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Praptono dalam laporannya meminta agar dinas pendidikan dapat terus mendukung para Guru Penggerak.

“(Guru) yang Bapak/Ibu miliki yang sudah kami didik selama ini dengan sangat luar biasa selama sembilan bulan ini agar kiranya ke depan bisa berkontribusi lebih besar lagi dalam mempercepat transformasi pendidikan di Indonesia,” tekannya.

Kemendikbudristek telah menerbitkan Permendikbudristek Nomor 40 Tahun 2021 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah di mana itu adalah wujud komitmen kementerian untuk menempatkan Guru Penggerak sebagai pemimpin pembelajaran.

“Kepada para gubernur, bupati dan walikota untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru hebat ini agar bisa menjadi kepala sekolah yang akan siap untuk menciptakan ekosistem belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, dan inklusif,” pintanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)