Tak Mau Gagal di SNMPTN? Ini 9 Kesalahan yang Harus Dihindari

Senin, 24 Januari 2022 - 11:34 WIB
loading...
A A A
7. Asal pilih jurusan
Pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat. Jangan memilih jurusan karena ikut-ikutan, apalagi disuruh guru. Setelah yakin dengan pilihan itu, baru pertimbangkan daya tampung dan keketatan jurusan. Apabila nilai rapor tidak begitu bagus, bisa mencari alternatif jurusan lain yang sesuai dengan nilai yang dimiliki.

Jangan langsung menyerah, atau memilih jurusan sepi peminat yang sebenarnya kurang disukai. Nilai mata pelajaran yang terus meningkat juga bisa jadi acuan dalam memilih jurusan,.

Lihat nilai mata pelajaran apa yang paling stabil dan meningkat dari semester 1 hingga 5. Sebab, penilaian SNMPTN akan melihat nilai mata pelajaran yang sesuai dengan program studi pilihan kamu. Contohnya, bagi yang ingin memilih jurusan Manajemen, maka nilai mata pelajaran IPS seperti Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi harus baik.

8. Deadliner/daftar mendekati deadline
Jadwal SNMPTN sudah keluar sejak beberapa minggu yang lalu. Artinya, calon pelamar sudah diberikan cukup waktu untuk mempersiapkan semuanya dari jauh-jauh hari. Mendaftar mendekati deadline akan membuat panik dan terburu-buru, sehingga sangat mungkin terjadi kesalahan dalam pengisian.

Ingat, yang mendaftar SNMPTN itu ada ribuan siswa dari seluruh Indonesia. Bisa saja terjadi kendala teknis seperti server down saat banyak orang mengakses website di ujung waktu pendaftaran. Patut disayangkan jika ada data yang salah atau belum sempat mendaftar karena waktu pendaftaran sudah berakhir.

9. Terlalu percaya diri
Percaya diri itu harus, kamu harus yakin dan positif kalau kamu bisa diterima di PTN lewat jalur SNMPTN. Namun, kalau jadi lalai karena terlalu percaya diri tentunya tidak baik juga. Kamu harus tetap mempersiapkan diri untuk menghadapi UTBK SBMPTN.

Telat belajar untuk UTBK karena menunggu pengumuman SNMPTN pun akan membuat kamu stres dan tertekan karena tidak memiliki rencana cadangan.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)