4 Tips Sukses Budidaya Ikan dalam Ember ala Pakar Unpad, Mudah dan Efisien

Rabu, 26 Januari 2022 - 22:42 WIB
loading...
4 Tips Sukses Budidaya Ikan dalam Ember ala Pakar Unpad, Mudah dan Efisien
Budidaya ikan lele dan tanaman pangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran ( Unpad ) Yuli Andriani mengatakan budidaya ikan dalam ember atau “budikdamber” dapat menjadi solusi pemenuhan nutrisi keluarga di tengah pandemi.

Dikatakan Yuli, pandemi turut menimbulkan perubahan dalam penyediaan makanan untuk keluarga, Perubahan ini terjadi antara lain keterbatasan distribusi akibat pembatasan wilayah dan harga yang melambung karena suplai yang menurun.



Untuk mempertahankan asupan gizi yang baik untuk keluarga dan balita, salah satunya bisa memanfaatkan lahan pekarangan di rumah untuk menyediakan pangan keluarga secara mandiri.

“Budikdamber merupakan salah satu pilihan untuk mendapatkan suplai protein hewani dan sayuran secara mandiri untuk keluarga,” katanya melansir laman resmi Unpad di unpad.ac.id, Rabu (26/1/2022).

Yuli menjelaskan, budikdamber adalah metode budidaya ikan yang disinergikan dengan tanaman sayuran yang dilakukan dalam wadah berupa ember. Prinsip pelaksanaan budikdamber sama dengan akuaponik yang mensinergikan antara budidaya tanaman dan ikan dalam satu wadah.



Namun, budikdamber dilakukan dalam wadah yang lebih kecil (ember) sehingga efisien bila ditempatkan di lahan sempit. “Selain efisien tempat, budikdamber juga hemat energi listrik dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan tambahan pupuk selama pemeliharaannya,” ujarnya.

Agar praktik budikdamber berhasil, Yuli mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Jenis, sumber dan kepadatan ikan
Tidak semua jenis ikan cocok untuk dibudidayakan dalam sistem budikdamber. Ini disebabkan, kapasitas ruang yang terbatas, ikan-ikan yang sesuai untuk dibudidayakan adalah jenis ikan yang tidak bersisik dan tidak memerlukan oksigen banyak dalam air, seperti: ikan lele, patin, dan gabus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)