Wajib Tahu, Ini 5 Tips Lolos Beasiswa LPDP

Rabu, 26 Januari 2022 - 23:15 WIB
loading...
A A A
2. Kuatkan Essay dan Rencana Studi
Kunci agar kamu lolos seleksi tahap administratif adalah essay yang bagus. Biasanya kalian akan disuruh membuat study plan/rencana studi yang jelas dan terarah. Tentukan program jurusan dan universitas yang kamu incar dengan mantap. Penulisan essay dan rencana studi pun tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa kaidah yang harus kalian ikuti dan pastikan essay kalian mempunyai bagian-bagian berikut:

1. Pembukaan
2. Isi
3. Penutup

Di bagian pembukaan kita bisa mulai dengan berbagai cara, misalnya menyajikan fakta.

3. Tingkatkan Skor TOEFL dan IELTS
Sertifikat bahasa merupakan komponen penting yang wajib dilengkapi peserta beasiswa LPDP 2022. Tahun lalu, minimal skor yang ditetapkan LPDP untuk studi program magister di luar negeri, yaitu TOEFL iBT® 80; IELTS™ 6,5; TOEIC® 800; atau TOAFL 550. Pendaftar program doktoral luar negeri skor minimalnya TOEFL iBT® 94; IELTS™ 7,0; TOEIC® 850; atau TOAFL 550. Jika skormu masih kurang, segera tingkatkan ya dengan perbanyak latihan dan ikuti kembali tesnya. Kalian bisa juga mengikuti kelas persiapan tes bahasa Inggris.



4. Jangan Termakan Hoax, Cari Informasi yang Benar
Dengan banyaknya informasi yang beredar, kalian juga harus pandai memilah-milah berita dan cari sumber yang jelas. Pastikan semua informasi yang kamu terima benar, kalau ragu silakan tanyakan langsung ke pihak LPDP atau cari mentor yang juga alumni dari beasiswa LPDP ini agar kalian bisa terus dibimbing dan update dengan informasi tersebut. Dengan begitu, kalian bisa tanya-tanya soal kelengkapan dokumen, cara penulisan rencana studi yang baik, dan lainnya.

5. Letter Of Acceptance
Jika kalian mempunyai Letter of Acceptance (LoA) atau surat penerimaan di Universitas yang kalian incar maka kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini akan semakin lebih besar. LoA ini akan menjadi nilai plus untuk profilmu juga loh.

Cara mendapatkan LoA ini pun beragam, cukup lihat di website kampus incaran masing-masing ya!.

Itulah 5 tips lolos beasiswa LPDP. Semoga kalian bisa mendapatkan beasiswa di kampus yang diinginkan sesuai dengan program studi yang diminati. Selamat berjuang.
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)