Tertarik Masuk Fakultas Vokasi ITS? Simak 3 Jalur Seleksinya

Rabu, 02 Februari 2022 - 19:49 WIB
loading...
Tertarik Masuk Fakultas Vokasi ITS? Simak 3 Jalur Seleksinya
Landmark Fakultas Vokasi ITS. Foto/Dok ITS
A A A
JAKARTA - Pada penerimaan mahasiswa baru 2022 ini, seleksi masuk program sarjana terapan atau vokasi kembali resmi dikelola sendiri oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) atau terpisah dari jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Dengan kembalinya kebijakan lama ini, ITS berharap akan terus membuka kesempatan lebih luas bagi para calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan tinggi ke Fakultas Vokasi (FV) ITS melalui tiga pilihan jalur seleksi.



Kepala Subdirektorat Admisi ITS Dr Eng Unggul Wasiwitono menjelaskan, pilihan jalur seleksi ini hampir sama halnya dengan mekanisme jalur penerimaan untuk program vokasi di penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2020 lalu.

Ketiga jalur tersebut antara lain adalah jalur prestasi dengan kuota 30%, jalur reguler dengan kuota 40% dan sisanya untuk Seleksi Kemitraan Mandiri dan Prestasi (SKMP) khusus Vokasi.

Lebih lanjut, pada pendaftaran melalui jalur prestasi, calon mahasiswa akan diseleksi langsung oleh ITS berdasarkan hasil penelusuran prestasi dan portofolio akademik.



Sedangkan untuk masuk melalui jalur reguler dan SKMP, dibutuhkan nilai dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) atau dapat menggunakan hasil ujian Tes Kompetensi Akademik (TKA) ITS serta jejak prestasi.

Mengenai perubahan kebijakan mekanisme seleksi ini, Unggul menyebutkan, saat penerimaan mahasiswa jalur vokasi dikelola oleh LTMPT tahun lalu, terjadi penurunan mahasiswa pendaftar yang berminat dan tertarik masuk ke FV ITS.

“Sehingga, diberlakukannya kembali kebijakan ini agar para peserta memiliki banyak jalur masuk untuk memutuskan pilihan sesuai passion-nya dan bukan karena keterpaksaan,” ujarnya melalui siaran pers, Rabu (2/2/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)