Inilah 5 Hal yang Sering Disalahpahami tentang Public Speaking

Kamis, 03 Februari 2022 - 20:55 WIB
loading...
Inilah 5 Hal yang Sering Disalahpahami tentang Public Speaking
Public speaking memang menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan di banyak bidang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apakah Anda termasuk orang yang sering berbicara di depan umum? Public speaking memang menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan di banyak bidang. Tidak sedikit orang yang memiliki kesalahpahaman tentang public speaking, sehingga membuatnya tidak yakin untuk mencoba.

Contohnya adalah ketika orang-orang melihat sosok MC (Master of Ceremony) berbicara di depan umum. Sebagian orang mengira bahwa MC tersebut pintar berbicara karena memiliki kepribadian ekstrover. Padahal, hal itu belum tentu benar dan belum tentu ada hubungannya.

Baca juga: Hal-hal Konkret yang Bisa Kita Lakukan untuk Menjaga Lingkungan

Beberapa keyakinan mental block dalam public speaking justru akan menjadi penghambat seseorang untuk menguasai skill ini. Apa saja hal yang sering disalahpahami terkait public speaking?

1. Keyakinan Membawa Pembenaran
Tahukah Anda jika keyakinan akan memengaruhi alam bawah sadar. Keyakinan pula lah yang akan melakukan tindakan sesuai dengan apa yang kita yakini. Hal ini bisa berdampak positif maupun negatif.

Jika keyakinan kita tetang public speaking mengatakan bahwa: “Saya tidak bisa berbicara di depan umum karena saya orangnya pemalu”, apa yang terjadi kemudian? Maka yang terjadi adalah otak akan memanipulasi bahwa dirinya memang benar-benar pemalu dan tidak layak untuk tampil berbicara di depan umum.

Baca juga: Simak 7 Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah 2022

Tapi, jika otak memberi komando seperti: “Saya memang pemalu, namun saya akan coba untuk bisa tampil berbicara di depan umum”, hasilnya akan berbeda. Maka yang terjadi adalah akan ada stimulus positif yang mendorong diri untuk bisa berbicara di depan umum. Keyakinan tidaklah bisa dianggap remeh, karena keyakinan akan menstimulus seseorang untuk melakukan tindakan.

Maka dari itu, yakinilah bahwa diri Anda mampu untuk bisa berbicara di depan umum walau memiliki perasaan ‘minder’, atau merasa bahwa diri Anda ekstrover. Sudah terbukti bahwa banyak ekstrover bisa tampil di depan umum. Menyembunyikan keraguan mereka dengan tampil tanpa perasaan minder yang berlebih.

2. Harus Bisa Mencairkan Suasana
Setiap orang mempunyai karakter, dan setiap MC pun punya pembawaannya masing-masing dalam berbicara di depan umum. Tidak semua suasana mampu untuk dibuat lelucon, seperti acara-acara yang sifatnya formal. Memang, setiap orang dituntut untuk bisa membaur dalam acara, namun harus tahu juga batasan dalam mencairkan suasana.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2512 seconds (10.177#12.26)