Kisah 3 Ikatan Alumni Kampus Negeri Favorit di Indonesia

Sabtu, 05 Februari 2022 - 14:27 WIB
loading...
Kisah 3 Ikatan Alumni Kampus Negeri Favorit di Indonesia
Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian. Foto/Dok ILUNI UI
A A A
JAKARTA - Setiap perguruan tinggi tidak hanya memiliki mahasiswa, dosen ataupun civitas akademika untuk menunjang kegiatan akademisnya. Adanya alumni yang tergabung dalam ikatan alumni pun menjadi organisasi penting yang mewarnai sebuah institusi perguruan tinggi.

Keberadaan ikatan alumni tidak bisa dilepas dari perguruan tinggi. Salah satu program yang biasanya disediakan ikatan alumninya adalah tawaran beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa baru.

Selain itu, ikatan alumni juga bermanfaat untuk wadah komunikasi dan jejaring antar lulusan serta berperan penting dalam informasi terkait kesempatan berkarir bagi lulusan perguruan tinggi yang dinaungi ikatan alumni tersebut.

Berikut ini disajikan tiga ikatan alumni perguruan tinggi negeri favorit di Indonesia yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI)

Pada 19 Juli 1956, Presiden UI kala itu Prof. Dr. (HC) dr. Bahder Djohan mengeluarkan seruan untuk menghimpun lulusan UI. Sebagai tindak lanjut dari seruan tersebut, mengutip dari laman iluni.ui.ac.id, Ikatan Lulusan Universitas Indonesia (ILUNI UI) pun resmi berdiri pada 2 Februari 1958 melalui Rapat Umum di Aula UI Salemba.

Pada 1990, terjadi perubahan nama dari Ikatan Lulusan Universitas Indonesia (ILUNI UI) menjadi Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI). Pada pemilihan ILUNI UI periode 2016-2019 dimulai era baru pemilihan ketua dengan sistem daring (e-voting) setelah sebelumnya pemilihan ketua umum ILUNI UI menggunakan sistem perwakilan fakultas. Baca: Dear Calon Mahasiswa, Ini 3 Prioritas Menentukan Jurusan Kuliah

Empat tahun kemudian, ILUNI UI melakukan inovasi dalam pemilihan Ketua Umum ILUNI UI 2019-2022 melalui sistem e-voting dengan menggunakan aplikasi UI Connect. Aplikasi yang diciptakan alumni UI ini merupakan inovasi yang digagas pada kepengurusan ILUNI UI 2016-2019.

Pada Pemilihan Langsung Ketua Umum ILUNI UI 2019-2022, Andre Rahadian (FH UI 1991) terpilih sebagai Ketua Umum ILUNI UI 2019-2022 melalui e-voting pada aplikasi UI Connect serta pemungutan suara di Tempat Pemilihan Suara (TPS).

2. Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1481 seconds (0.1#10.140)