Pentingnya Kemampuan Entrepreneurship bagi Lulusan Sistem Informasi

Selasa, 08 Februari 2022 - 12:01 WIB
loading...
Pentingnya Kemampuan Entrepreneurship bagi Lulusan Sistem Informasi
Seorang mahasiswa dari universitas ternama di Jakarta sedang menjalankan usahanya di sela-sela kuliah. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Bidang teknologi informasi memang terus berkembang pesat di segala bidang. Bermacam-macam aktivitas manusia kini terbantu oleh teknologi informasi, misalnya e-banking sampai pembelajaran online. Di bidang akademik, hal ini dipelajari secara aplikatif, salah satunya di jurusan Sistem Informasi.

Pada umumnya, sistem informasi yaitu sebuah sistem yang terkait penggunaan teknologi dan aktivitas manusia, agar operasional dan manajemen lebih terkontrol. Penerapannya memang sangat luas dan bukan hanya teknologi. Sistem informasi juga menyangkut interaksi manusia, informasi, dan data.



Seiring dengan berkembangnya profesi manusia, sistem informasi dibutuhkan untuk mendukung berbagai proses bisnis. Hal yang penting dipahami adalah contoh konkret penerapan sistem informasi. Salah satu penerapannya adalah di bidang bisnis atau perusahaan yang banyak mengalami penyesuaian sejak masa pandemi.

Karena sudah diberikan akal, maka manusia bisa menciptakan banyak hal baru yang bisa dipakai untuk membantu aktivitas manusia, misalnya mengolah data atau informasi. Informasi dan data tersebut bisa lebih berguna ketika dikelola dan digunakan untuk hal yang memudahkan kehidupan. Dengan demikian, sumber daya yang dibutuhkan juga terkelola dengan baik, birokrasinya lebih singkat dan lebih efisien.

Pada titik tertentu, lulusan dari bidang studi Sistem Informasi juga perlu membekali diri dengan kemampuan entrepreneurship atau kewirausahaan. Tidak semata-mata untuk bisa menjadi founder perusahaan IT yang baru, kemampuan entrepreneurship juga tidak terlepas dari kemampuan memberi solusi atas masalah yang terjadi di lingkungan sekitar.



Meskipun berangkat dari penguasaan bidang IT, dengan entrepreneurship, setiap individu juga akan lebih berkembang dan menguasai banyak hal lain dalam kehidupan.

Mengapa Entrepreneurship Itu Penting?
Entrepreneurship itu memang penting karena sejumlah alasan, mulai dari mendorong inovasi sampai perubahan sosial. Entrepreneur atau pengusaha sebenarnya bukan hanya berpikir tentang keuntungan semata. Beragam inovasi dan penelitian akan lebih sustainable di tangan individu wirausaha yang berpikiran maju.

Melalui praktik penelitian dan pengembangan yang tepat, entrepreneur menghadirkan inovasi baru yang membuka pintu usaha, pasar, produk, dan teknologi baru. Entrepreneurship berperan dalam memecahkan masalah yang belum dipecahkan oleh produk dan teknologi yang ada. Melalui produk dan layanan baru atau inovasi yang ada, entrepreneurship berpotensi meningkatkan kehidupan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4930 seconds (0.1#10.140)