18 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Kamis, 10 Februari 2022 - 19:50 WIB
loading...
18 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Dunia Kerja
Jurusan Teknik Informatika. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja harus menjadi prioritas ketika calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah. Selain mempersiapkan diri untuk kuliah atau pun dunia kerja, penting banget lho cari tahu tentang jurusan yang sesuai passion kalian.

Mencari tahu prospek kerja ke depan tentang jurusan kuliahmu akan membuatmu lebih siap di dunia kerja . Dari sekarang kalian harus mulai menyusun rencana kuliah dan karier kalian sendiri.



Berikut ini 18 jurusan kuliah yang dikumpulkan dari berbagai sumber, yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

1. Jurusan Teknik Informatika
Jurusan yang menjanjikan pertama adalah Jurusan Teknik Informatika. Mahasiswa jurusan ini dibentuk agar menjadi ahli dalam bidang teknologi. Bahkan, di jurusan ini kalian juga akan belajar tentang pemrograman hingga membuat aplikasi. Makanya, lulusan Jurusan Teknik Informatika akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan. Gimana, minat nggak masuk jurusan ini?

2. Jurusan Kedokteran
Selama manusia ada di muka bumi, tenaga kesehatan akan selalu dibutuhkan. Makanya, Jurusan Kedokteran menjadi salah satu jurusan dari rumpun Saintek yang banyak diincar oleh anak IPA. Hal ini dikarenakan prospek kerja menjanjikan dari jurusan ini yang akan selalu dibutuhkan sampai kapan pun. Jadi, jangan ragu untuk pilih jurusan ini kalau kamu jago dalam materi IPA, seperti Biologi, ya.



3. Jurusan Teknik Elektro
Selanjutnya, ada Jurusan Teknik Elektro yang ilmunya memiliki pengaruh kuat dalam perkembangan peradaban manusia. Yaps, kebutuhan ilmu dari jurusan ini telah terbukti terus dibutuhkan hingga sekarang. Mahasiswanya nggak hanya belajar soal listrik, tetapi juga telekomunikasi. Tanpa adanya lulusan dari jurusan ini, perkembangan teknologi internet dan komunikasi mungkin nggak sebaik sekarang lho.

4. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan
Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan jurusan yang cukup baru di Indonesia. Bahkan, di 2021, hanya Universitas Airlangga yang memiliki jurusan ini. Kelahiran jurusan ini menandakan bahwa mulai dibutuhkannya SDM kompeten dalam mengembangkan integrasi antara robotika dengan kecerdasan buatan. Nah, kamu mau jadi salah satu SDM kompeten itu nggak?

5. Jurusan Teknik Mesin
Jurusan Teknik Mesin adalah jurusan yang berkutat pada mesin yang digunakan pada berbagai objek teknologi. Bukan hanya itu, jurusan ini juga akan membuatmu belajar tentang pembuatan dan pengoperasian robot. Tapi untuk masuk ke jurusan ini kalian wajib punya pengetahuan dasar sains, seperti Matematika, Fisika, dan Kimia.

6. Jurusan Teknik Biomedik
Kata teknik ternyata nggak hanya dilekatkan dengan informatika, elektro, dan mesin saja, tetapi juga medis. Jurusan Teknik Biomedik merupakan gabungan Ilmu Keteknikan dan Ilmu Kedokteran yang mempelajari perancangan alat-alat mekanik dan elektronik untuk dunia kesehatan. Jadi, jurusan ini hadir untuk membangun teknologi kesehatan demi mengembangkan industri alat medis di Indonesia.

7. Jurusan Ilmu Komputer
Jurusan Ilmu Komputer merupakan salah satu jurusan Saintek yang nggak ada matinya. Adanya kemajuan teknologi yang mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan informasi membuat jurusan ini banyak diincar oleh anak IPA. Terus seperti apa kuliah di jurusan ini? Pokoknya, di Jurusan Ilmu Komputer kamu akan dibentuk untuk menjadi mahasiswa yang memiliki wawasan global dan tanggap terhadap kebutuhan dunia di bidang teknologi komputer dan informasi.

8. Jurusan Teknologi Informasi
Jurusan berikutnya yang masih berkaitan dengan teknologi ialah Jurusan Teknologi Informasi. Mahasiswa jurusan ini akan belajar konsep dasar computing dan matematika, prinsip teknologi informasi, hingga pengelolaan dan evaluasi terkait sumber daya informasi. Karena belajar hal terkait teknologi dan informasi, maka jurusan ini akan sesuai dengan kebutuhan dunia di masa depan.

9. Jurusan Statistika
Dalam World Economic Forum’s disebutkan bahwa salah satu profesi yang dibutuhkan di masa depan adalah data scientist. Nah, salah satu jurusan pencetak lulusan yang mampu bekerja di bidang itu ialah Jurusan Statistika. Hal ini disebabkan mahasiswa Jurusan Statistika akan diajarkan tata cara mengumpulkan, mengolah, mengelola, menganalisis, menginterpretasikan, hingga menyajikan data.

10. Jurusan Ilmu Ekonomi
Jurusan Ilmu Ekonomi adalah jurusan yang mempelajari strategi pengelolaan sumber daya yang terbatas terhadap permintaan yang tidak terbatas, sehingga dapat mencapai kesejahteraan. Kemampuan menyusun strategi seperti itu juga dibutuhkan di instansi pemerintahan dan swasta, lho. Makanya, lulusan Jurusan Ilmu Ekonomi akan terus dicari di masa depan.

11. Jurusan Manajemen
Selanjutnya, ada jurusan yang ramai peminat dari rumpun Soshum, yakni Jurusan Manajemen. Berkuliah di jurusan ini akan membuatmu belajar banyak ilmu pengelolaan bisnis, mulai dari menyusun strategi dan rencana, memasarkan produk, hingga merekrut SDM. Selain itu, mahasiswa Jurusan Manajemen juga akan belajar Ilmu Pengantar Teknologi Informasi yang sesuai dengan perkembangan dunia di masa depan.

12. Jurusan Akuntansi
Anak IPS pasti udah bisa membayangkan seperti apa kuliah di Jurusan Akuntansi, ya ‘kan? Belajar di jurusan ini mengharuskan mahasiswa untuk terampil dan teliti dalam menghitung serta mengatur keuangan. Nah, karena ada kegiatan hitung-menghitungnya, jurusan ini juga bisa dimasuki oleh anak IPA, lho! Jadi, siap-siap deh dengan keketatan persaingan buat masuk ke jurusan ini.

13. Jurusan Marketing
Siapa yang jago public speaking? Kamu? Wah, berarti Jurusan Marketing atau Jurusan Pemasaran bakal cocok untukmu tuh. Karena di jurusan ini, kamu akan belajar menganalisis pasar hingga memasarkan produk. Makanya, kecakapan dalam berbicara sangat dibutuhkan. Selain itu, pada beberapa kampus juga akan diajarkan cara menyusun strategi kreatif periklanan, membuat desain iklan, menulis iklan yang menarik, dan lain-lain lho.

14. Jurusan Desain
Lulusan Jurusan Desain, baik itu Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk, hingga Jurusan Desain Interior lagi banyak dicari. Kreativitas dan kemampuan mereka menggunakan teknologi mampu menarik minat masyarakat luas. Selain itu, ada pula Jurusan Desain Mode yang nggak kalah kreatifnya. Buat kamu yang lebih tertarik dengan industri fesyen, jurusan ini patut nih dipertimbangkan.

15. Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi adalah jurusan yang belajar tata cara penyampaian pesan yang efektif agar tepat sasaran. Jurusan ini juga menjadi salah satu prodi Soshum yang paling diminati di UTBK-SBMPTN 2021. Wajar sih peminatnya tinggi sebab jurusan ini memiliki prospek kerja menjanjikan di masa depan. Kamu minat juga nggak masuk ke jurusan ini?

16. Jurusan Pendidikan
Pernah dengar cerita tentang Kaisar Hirohito yang menanyakan sisa guru di negaranya sebagai respons pertama setelah Jepang kalah dalam Perang Dunia II? Saat itu beliau mengumpulkan guru yang tersisa dan berhasil membangkitkan negaranya dari keterpurukan. Ya, sepenting itulah guru untuk membangun SDM di dunia. Makanya, lulusan Jurusan Pendidikan akan selalu dibutuhkan. Nah, sekarang tinggal kalian pilih saja mau kuliah di Jurusan Pendidikan yang mana? PGSD, PAUD, PLB, atau lainnya?

17. Jurusan Matematika
Jurusan Matematika merupakan jurusan yang akan membuat mahasiswanya memecahkan permasalahan melalui permodelan rumus beserta hitungan matematika, sehingga dapat ditemukan solusinya. Yaps, kayak di SD, SMP, dan SMA jurusan ini nggak jauh dari hitung-menghitung. Bahkan, mata kuliah yang dipelajari pun akan membuatmu selalu bertemu dengan data dan angka, seperti Aljabar, Kalkulus, Geometri, Matematika keuangan, dan lain-lain.

18. Jurusan Farmasi
Kamu ingin bekerja di bidang kesehatan, tetapi nggak mau sering bertemu dengan pasien? Jurusan Farmasi kayaknya cocok nih untukmu. Kenapa? Karena nantinya lulusan Jurusan Farmasi akan bekerja di balik layar untuk mengidentifikasi, meracik, hingga menganalisis obat-obatan yang cocok dengan standar kelayakan kesehatan. Nah, karena tugasnya tersebut, maka lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan guna menyediakan asupan obat yang dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan orang sakit.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2384 seconds (0.1#10.140)