Ingin Memilih 2 Prodi di SNMPTN 2022, Ini Ketentuan yang Wajib Diketahui

Senin, 14 Februari 2022 - 00:24 WIB
loading...
Ingin Memilih 2 Prodi di SNMPTN 2022, Ini Ketentuan yang Wajib Diketahui
Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Budi Prasetyo Widyobroto dalam webinar Sosialisasi Daring Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2022 melalui kanal YouTube LTMPT Official, Minggu (13/2). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi ( SNMPTN ) 2022 resmi dibuka pada Senin, 14 Februari 2022, pukul 15.00 WIB. Siswa yang nantinya akan mendaftar dan memilih dua program studi (Prodi) harus memahami ketentuan yang ditetapkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Direktur Eksekutif LTMPT Prof. Budi Prasetyo Widyobroto menjelaskan jika calon mahasiswa atau siswa kelas 12 SLTA dalam menentukan jurusan kuliah atau Prodi harus memahami ketentuannya.



Ketentuan pilihan Prodi SNMPTN 2022, Menurut Prof. Budi, menjadi hal penting dan perlu dipahami oleh calon mahasiswa jalur SNMPTN 2022. "Ini sangat penting. Jadi prinsipnya, setiap siswa dapat memilih dua prodi dari satu perguruan tinggi, atau dua perguruan tinggi," ujarnya.

Tetapi, jika memilih dua prodi, maka salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SLTA asal siswa tersebut. Sedangkan jika hanya memilih satu prodi, maka boleh memilih PTN di mana saja (tidak terpaku di provinsi asal).

Prof. Budi memberikan contoh jika SLTA asal ada di Makassar, apakah siswa boleh memilih dua-duanya di Makassar PTN-nya? Misal ITS dan Unair, Prof. Budi menegaskan bahwa itu tidak boleh, khusus untuk jalur SNMPTN ini.



Jadi, kalau SLTA dari Makassar, maka yang diizinkan ialah:

1. memilih satu prodi boleh dimanapun PTN-nya

2. kalau memilih dua prodi, SLTA-nya ada di Makassar maka itu salah satu prodi yang dipilih harus di universitas yang berada di Provinsi Makassar.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1792 seconds (0.1#10.140)