Sertifikat Ini Bisa Jadi Penentu Kelulusan Calon Mahasiswa Saat Daftar SNMPTN 2022

Selasa, 15 Februari 2022 - 05:15 WIB
loading...
Sertifikat Ini Bisa Jadi Penentu Kelulusan Calon Mahasiswa Saat Daftar SNMPTN 2022
Pendaftaran SNMPTN 2022 resmi dibuka pada 14 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN ) 2022 resmi dibuka Senin, (14/2) pukul 15.00 WIB. Bagi siswa yang telah registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bisa langsung mendaftar SNMPTN.

Sebanyak 847.069 siswa dinyatakan berhak mendaftar ke SNMPTN 2022. Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung dari 14 Februari sampai 28 Februari 2022. Bagi siswa yang belum memiliki akun LTMPT agar segera mendaftar karena hari ini,15 Februari 2022 terakhir pendaftaran.



Perlu diketahui, SNMPTN ini menyeleksi mahasiswa melalui prestasi akademik dan atau portofolio. Sehingga tidak hanya raport namun juga sertifikat prestasi bisa dilampirkan untuk penilaian seleksi.

Namun sertifikat apa saja yang bisa dilampirkan sebagai dokumen tambahan sewaktu mendaftar SNMPTN? Perlu calon pelamar SNMPTN tahu bahwa lampiran piagam dan sertifikat yang menunjukkan prestasi atau juara ini berpengaruh terhadap proses penilaian.

Tentunya dengan menerima calon mahasiswa unggul dan berprestasi, perguruan tinggi negeri (PTN) pasti akan mempertimbangkan dengan lebih tinggi si pelamar karena bisa menjadi aset berharga bagi kampus tersebut.



Persaingan di SNMPTN pun dikenal ketat. Misalnya pada 2021 saja jumlah peserta yang dinyatakan lulus SNMPTN ada 110.459 pendaftar dari ratusan ribu yang mendaftar. Maka lampiran tambahan berupa sertifikat pun diharapkan bisa menunjang kelulusan di jalur penerimaan mahasiswa baru tanpa tes ini.

Melansir laman Ruang Guru di ruangguru.com, umumnya, piagam atau sertifikat setara tingkat nasional dan internasional memiliki bobot nilai yang lebih baik. Sertifikat atau piagam penghargaan yang dapat dilampirkan juga tidak lebih dari tiga tahun sejak kamu mendapatkannya.

Sertifikat atau piagam penghargaan yang akan dilampirkan sebaiknya disesuaikan dengan jurusan impian di PTN yang dituju. Sebagai contoh, jika ingin mendaftar ke jurusan Teknik Kimia, maka sertifikat OSN (Olimpiade Sains Nasional) bidang lomba Kimia yang dilampirkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1278 seconds (0.1#10.140)