Kabar Baik dari Unesa, Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 Ditambah

Rabu, 16 Februari 2022 - 21:10 WIB
loading...
Kabar Baik dari Unesa, Daya Tampung Penerimaan Mahasiswa Baru 2022 Ditambah
Unesa menambah daya tampung pada penerimaan mahasiswa baru. Foto/Dok/Humas Unesa
A A A
JAKARTA - Ada kabar baik bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ). Universitas yang memiliki dua kampus di Ketintang dan Lidah Wetan itu tahun ini menambah kuota penerimaan mahasiswa baru baik di jalur SNMPTN, SBMPTN maupun SPMB atau Jalur Mandiri.

Hal itu tertuang dalam Keputusan Rektor Unesa tentang Penetapan Daya Tampung Mahasiswa Baru Program Sarjana dan Sarjana Terapan Tahun Akademik 2022-2023. Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Bambang Yulianto menyampaikan, atas berbagai pertimbangan memang ada penambahan pagu untuk tahun ini.

Adapun jumlah daya tampung Unesa pada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru tahun ini yaitu, SNMPTN sebanyak 2.862 mahasiswa, SBMPTN sebanyak 5.038 mahasiswa dan sebanyak 3.205 mahasiswa pada jalur SPMB atau Mandiri.

“Kenaikan pagu pada 74 prodi Unesa, salah satunya untuk mengakomodasi tingginya minat putra-putri Tanah Air untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri. Kemudian juga untuk memberikan kesempatan yang luas kepada putra-putri terbaik dan talenta daerah untuk meningkatkan kompetensi di perguruan tinggi,” katanya melansir laman Unesa di unesa.ac.id, Rabu (16/2/2022).

Baca: 5 Jurusan untuk Calon Mahasiswa yang Hobi Travelling Lokal dan Internasional

Guru Besar Linguistik Unesa itu juga membeberkan beberapa strategi yang bisa diperhatikan sekolah, siswa maupun orang tua sebelum mendaftar kuliah. Pertama, katanya, perhatikan penyebaran program studi yang dipilih oleh siswanya.

Jangan sampai beberapa siswanya memilih program studi yang sama di kampus yang sama. Sebaiknya calon mahasiswa memilih program studi lain di kampus yang sama atau program studi yang sama di kampus lain.

Kedua, perhatikan tingkat persaingan di program studi yang dipilih. Karena itu, sekolah, siswa atau orang tua bisa mencari tahu terlebih dahulu informasi seputar program studi dan kampus tujuan.

Laman admisi.unesa.ac.id menyajikan informasi dan data penerimaan mahasiswa tahun sebelumnya yang bisa jadi referensi persaingan program studi di Unesa.

Sementara itu, Kepala Satuan Admisi Unesa Dr. Sukarmin melanjutkan kiat selanjutnya. Yakni, sebaiknya tidak lintas bidang atau dari IPA ke IPS atau sebaliknya. Pada dasarnya memang tidak masalah. Namun, dia menegaskan, peserta tidak hanya berpikir bagaimana bisa masuk kuliah, tetapi juga harus berpikir bagaimana proses kuliahnya nanti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)