Mahasiswa, Ini Tips Mengerjakan Skripsi Cepat, Tepat, dan Cermat

Jum'at, 18 Februari 2022 - 23:54 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini Tips Mengerjakan Skripsi Cepat, Tepat, dan Cermat
Mahasiswa mengerjakan skripsi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menulis skripsi menjadi satu tahapan terakhir seorang mahasiswa untuk lulus dan meraih gelar sarjana. Ada mahasiswa yang lulus dengan cepat karena skripsinya kelar tepat waktu tetapi ada yang menunda membuat skripsi sehingga tertinggal lulus dari rekan lainnya.

Skripsi tidak sekedar tulisan karya ilmiah saja. Sebab ada tujuan di balik itu. Dengan menulis skripsi mahasiswa akan berpikir secara logis untuk menyelesaikan suatu permasalahan hingga menyusunnya ke dalam bentuk laporan.



Buah dari hasil berpikir kritis, penelitian ke lapangan, analisa dan kesimpulan yang terbentuk itu dituangkan ke dalam bentuk laporan yang tersusun rapi dan sistematis. Mulai dari pendahuluan, kajian pustaka hingga penutup.

Melansir dari laman Ruang Guru di ruangguru.com, simak beberapa kiat agar bisa menulis skripsi dengan cepat, tepat dan cermat.

1. Tema
Agar skripsimu cepat selesai, kamu harus memulainya dengan perasaan senang. Carilah topik yang disukai sebab jika dasarnya saja sudah senang akan sesuatu maka setiap proses penulisan akan dijalani dengan nikmat sehingga akan lebih cepat dalam menyelesaikan skripsi.



Topik yang dipilih juga harus disesuaikan dengan jurusan yang dijalankan di bangku perkuliahan. Coba lihat dari berbagai sudut pandang, apa yang kira-kira bisa dikaitkan dari topik yang kamu pilih dengan jurusan. Siapkan beberapa topik, setidak-tidaknya lima. Jadi, kalau yang satu ditolak, maka masih banyak topik cadangan yang bisa diajukan ke dosen pembimbing.

2. Ketersediaan data
Data adalah satu hal wajib dalam skripsi karena suatu penelitian tidak akan dianggap valid jika tidak tersaji data didalamnya. Oleh karena itu, pastikan data yang dibutuhkan tersedia untuk digunakan dalam skripsi.

Segeralah mulai mencari data, ketika judul skripsimu sudah ditentukan. Sumbernya bisa dari buku, jurnal, surat kabar, majalah, website, atau penelitian langsung. Hal yang juga harus diperiksa adalah apakah sumbernya terpercaya atau tidak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1685 seconds (0.1#10.140)