Mahasiswa ITS Kembangkan Metode Efektif Ekstraksi Jintan Hitam

Sabtu, 19 Februari 2022 - 16:56 WIB
loading...
Mahasiswa ITS Kembangkan Metode Efektif Ekstraksi Jintan Hitam
Mahasiswa ITS kembangkan metode efektif untuk ekstraksi jintan hitam. Foto/tangkapan layar laman ITS
A A A
JAKARTA - Kebutuhan suplemen ekstrak jintan hitam sebagai penjaga imunitas di tengah pandemi ini makin meningkat. Hal ini menginspirasi tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ) menemukan proses ekstraksi jintan hitam yang efisien, ramah lingkungan, dan dapat menjadi rujukan bagi industri produksi skala besar.

Tim yang menggagas ide ini diketuai Elisabeth Ratnani Wahyu Hapsari. Ia bersama tiga rekannya yaitu Achmad Haris Sofani, Serli Dwi Rahayu, dan Arin Pashadiera Mellina melagakan gagasan idenya pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-34 dan berhasil meraih perakpada kategori presentasi terbaik.

Perempuan yang akrab disapa Elisa ini mengatakan, inovasi tim diwujudkan dalam penelitian berjudul Optimasi Proses Pemisahan Minyak Biji Jintan Hitam secara Foodgrade dengan Metode Hydrodistillation melalui Variasi Treatment Pra-Ekstraksi.

Penelitian ini menggunakan metode hydrodistillation melalui variasi perlakuan pra ekstraksi dalam pengambilan minyak biji jintan hitam. “Singkatnya, ini adalah gabungan proses ekstraksi (hydrodistillation) dan pra ekstraksi,” katanya melansir laman ITS di its.ac.id, dikutip Sabtu (19/2/2022).

Baca: Tim Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Penggoreng Kerupuk Rendah Kandungan Minyak

Elisa menambahkan, biasanya pada penelitian lain cenderung hanya menerapkan salah satu macam perlakuan pra ekstraksi saja. Seperti microwave, ultrasonik, atau maserasi yang bagus untuk pemisahan bahan. “Tetapi belum ada penelitian yang pernah menggabungkan tiga perlakuan sekaligus,” terangnya.

Keutamaan dari penelitian ini yaitu limbah bekas percobaan terhitung zero waste karena ampas biji jintan dapat didaur ulang menjadi pupuk, khususnya untuk tanaman jintan hitam itu sendiri. Sementara untuk pelarut bekas percobaan bisa digunakan kembali menjadi aquades.

Proses pra ekstraksi dan hydrodistillation ini dilakukan untuk mengoptimalkan hasil ekstrak yang didapat serta menghemat energi berlebihan dari proses praekstraksi.

Adapun treatment pra ekstraksi adalah metode perlakuan bahan sebelum ekstraksi. Sedangkan hydrodistillation sendiri adalah metode ekstraksi standar berdasarkan Food and Drug Administration (FDA) yang harus bebas bahan kimia dan aman dikonsumsi.

Di sisi lain, proses tersebut juga bisa menghemat biaya apabila diterapkan di industri besar. Karena terjadi peningkatan permintaan menuntut industri untuk memproduksi lebih banyak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)