Melalui IISMA dan IIVOSMA, Pemerintah Fasilitasi Mahasiswa ke Kampus Terbaik Dunia

Rabu, 23 Februari 2022 - 19:46 WIB
loading...
Melalui IISMA dan IIVOSMA, Pemerintah Fasilitasi Mahasiswa ke Kampus Terbaik Dunia
Pemerintah fasilitasi mahasiswa ke kampus terbaik dunia. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendorong mobilitas mahasiswa ke kampus terbaik dunia. Ada dua program yang disediakan melalui Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Indonesian International Vocational Student Mobility Awards (IIVOSMA).

IISMA sendiri disediakan untuk mahasiswa jenjang sarjana. Sementara IIVOSMA untuk mahasiswa jalur vokasi. Keduanya menjadi bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

“Melalui program mobilitas tersebut, mahasiswa Indonesia mendapat kesempatan untuk belajar selama satu semester di kampus-kampus terkemuka di dunia,” ujar Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar RI di London Khairul Munadi saat mengakhiri kunjungannya di University College Dublin (UCD), Kota Dublin, Irlandia, melalui siaran pers, Rabu (23/2/2022).

Khusus jalur vokasi, jelasnya, mahasiswa diharapkan juga terpapar dengan lingkungan kerja industri di negara tujuan belajar. “UCD siap dan berkomitmen kuat untuk mendukung suksesnya program IISMA dan IIVOSMA 2022. Mereka punya hubungan yang baik dengan industri,” tambahnya.

Baca: Catat, Ini Waktu Mulai Kuliah untuk Calon Penerima Beasiswa LPDP 2022

Khairul mengungkapkan salah satu kampus terbaik di Irlandia, yaitu University College Dublin sangat antusias untuk menjalin kerja sama riset dengan perguruan tinggi dan institusi riset di Indonesia.

“UCD juga berkomitmen kuat untuk menyukseskan program mobilitas mahasiswa, baik mahasiswa dari jalur sarjana maupun vokasi,” ungkap Khairul.

Khairul menegaskan, banyak peluang kerja sama yang dapat ditindaklanjuti dengan Irlandia. “Selain kerja sama riset, inovasi, dan akademik, terbuka juga peluang untuk mengenalkan kesenian dan kebudayaan Indonesia,” tuturnya.

Baca juga: Jangan Terlewat, 3 Hari Lagi Pendaftaran Beasiswa LPDP 2022 Dibuka

Delegasi Atikbud KBRI London diterima oleh UCD Global Partnership Team, yang dipimpin Una Watkins. Dituturkan Una, “UCD juga memiliki pengalaman panjang dalam riset dan inovasi,” imbuhnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)