Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuannya

Sabtu, 05 Maret 2022 - 12:21 WIB
loading...
Mahasiswa Baru Perlu Tahu, Ini Jurusan Kuliah Berdasarkan Rumpun Keilmuannya
Bermacam jurusan kuliah berdasarkan rumpun keilmuan. Foto/wrhsbluestreak.com
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang mendasari mahasiswa baru dalam menetapkan pilihan di suatu jurusan . Bisa dari minat, bakat ataupun karena prospek kerjanya. Namun mahasiswa baru juga perlu tahu jurusan kuliah itu ada bermacam-macam sesuai dengan rumpun keilmuannya.

Dengan mengetahui nama-nama jurusan yang ada dan mencari tahu apa saja fokus ilmu yang akan dipelajari di jurusan tersebut, maka calon mahasiswa pasti akan semakin mantap memilih jurusan sesuai keinginan.

Nama-nama jurusan kuliah itu sejatinya mengacu pada rumpun keilmuan yang tertera pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 124/2014.

Baca: Yuk Daftar, SMUP Sarjana Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan Unpad Telah Dibuka

Mengacu pada peraturan tersebut, rumpun atau cabang ilmu pengetahuan dan teknologi terdapat pada 6 rumpun ilmu, yaitu:

1. Rumpun Ilmu Agama
2. Rumpun Ilmu Humaniora
3. Rumpun Ilmu Sosial
4. Rumpun Ilmu Alam
5. Rumpun Ilmu Formal
6. Rumpun Ilmu Terapan

Masing-masing rumpun ilmu memiliki karakteristik, yang menaungi ilmu pengetahuan dengan ciri-ciri serupa. Berikut nama-nama jurusan di Indonesia yang dikelompokkan berdasarkan rumpun ilmunya mengutip laman Quipper di quipper.com.

1. Rumpun Ilmu Agama

Ilmu yang berada dalam rumpun ilmu ini merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji keyakinan tentang ketuhanan atau ketauhidan, termasuk mengkaji tentang teks-teks suci agama. Di Indonesia sendiri, terdapat 6 agama yang diakui, yaitu Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam, terdapat banyak pula program studi di pendidikan tinggi yang bisa ditemukan. Di antaranya, Dirasat Islamiyah, Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Ilmu Hadist, Aqidah dan Filsafat Islam, Ilmu Tasawuf, dan Perbandingan Agama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1841 seconds (0.1#10.140)