10 Tips Sukses Magang, Siapkan CV Sampai Pakaian yang Sesuai

Selasa, 08 Maret 2022 - 17:09 WIB
loading...
10 Tips Sukses Magang, Siapkan CV Sampai Pakaian yang Sesuai
Aktivitas karyawan di sebuah perkantoran di Jakarta. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Magang bagi mahasiswa bisa memberi pengalaman penting tentang suasana dan dinamika dunia kerja. Namun diterima magang itu tidak semudah yang dibayangkan karena persaingannya makin ketat mengingat banyak mahasiswa yang makin mengetahui pentingnya manfaat magang.

Peluang mahasiswa menjalani magang semakin terbuka akhir-akhir ini. Terlebih adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek yang memberikan mahasiswa belajar di luar program studinya, salah satunya dengan kegiatan magang.

Mahasiswa bisa melamar magang di berbagai perusahaan swasta. Mulai dari perusahaan nasional, multinasional ataupun di sejumlah perusahaan startup yang tengah berkembang pesat di Tanah Air.

Mahasiswa juga bisa melamar di berbagai instansi pemerintah. Cobalah melamar di sejumlah kementerian atau lembaga. Namun juga bisa menimba pengalaman di kantor-kantor pemerintah daerah yang berada di dekat rumah.

Akan tetapi, magang pun tidak bisa sembarangan. Ada sejumlah hal yang mesti disiapkan mulai dari persiapan untuk melamar hingga bagaimana sikap yang harus dimiliki ketika menjalaninya. Melansir dari laman Ruangguru, berikut ini 10 persiapan magang yang penting diketahui mahasiswa.

Baca: Kisah Fia, Dosen Unesa Jadi Relawan Bantu Pengungsi Ukraina di Polandia

1. Surat Lamaran dan CV

Ingin magang di suatu tempat tentunya harus mengirimkan surat lamaran dan curriculum vitae (CV). Dengan mengirimkan surat lamaran dan CV, recruiter akan tahu siapa kandidat yang hendak belajar di perusahaan mereka dan seperti apa latar belakangnya. Oleh karena itu, susunlah surat lamaran dan CV yang “menjual diri” kamu dan bikin perusahaan tertarik.

2. Cari informasi magang di perusahaan incaran sesuai divisi yang diinginkan

Segera cari informasi perusahaan dan divisi yang membuka lowongan magang sesuai incaran. Kalian bisa memanfaatkan berbagai situs pencarian kerja. Selain itu, juga bisa cek melalui kontak perusahaan yang diincar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)