Hilirisasi Riset dan Inovasi, UNS Luncurkan Sebelas Maret Startup Academy

Senin, 14 Maret 2022 - 09:53 WIB
loading...
Hilirisasi Riset dan Inovasi, UNS Luncurkan Sebelas Maret Startup Academy
Peluncuran Sebelas Maret Startup Academy 2022. Foto/Tangkap layar laman UNS
A A A
JAKARTA - Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta meluncurkan Sebelas Maret Startup Academy (Semesta) 2022. Semesta adalah salah satu program unggulan dari Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS.

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS Prof. Dr. Kuncoro Diharjo mengatakan, program Semesta ini sangat bermanfaat untuk seluruh sivitas akademika. Unsur-unsur yang dimaksud yakni mahasiswa, dosen, hingga alumni UNS. Semesta diluncurkan bersaman dengan rangkaian Dies Natalis ke-46 UNS.

“Ini menguntungkan bagi para mahasiswa tingkat akhir, alumni, mitra industri, dan juga dosen. Mari kita songsong bersama-sama program penugasan inovasi dan inkubasi startup di UNS tahun 2022,” ujar Prof. Kuncoro melansir laman resmi UNS, Senin (14/3/2022).

Baca: Mas Menteri, Ini Besaran Gaji Guru Honorer yang Bikin Miris

Menurut Prof. Kuncoro, kegiatan Semesta ini juga dapat mendongkrak Indikator Kinerja Utama (IKU) UNS. IKU yang dapat dicapai melalui program ini yakni lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak (IKU 1) serta mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus (IKU 2).

Kemudian kegiatan dosen berkegiatan di luar kampus (IKU 3), hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional (IKU 5), program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia (IKU 6), dan kelas yang kolaboratif dan partisipatif (IKU 7).

Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ahyani juga sangat mengapresiasi hal ini karena kegiatan Semesta dinilai dapat menguatkan hubungan pentaheliks antara pemerintah dan perguruan tinggi.

“Apa yang terjadi akhir-akhir ini adalah untuk membangun Kota Surakarta tidak hanya unsur pemerintah saja tapi juga masyarakat Surakarta. Terkait dengan inkubasi startup, semoga Kota Surakarta dan UNS bisa berinovasi. Kota Surakarta juga menyediakan tempat untuk startup yakni di Solo Technopark yang bisa menggerakkan masyarakat umum untuk membuat startup,” tuturnya.

Baca juga: Sederet Wanita Tercerdas di Dunia, Skor IQ Edith Stern Tembus 200

Direktur Inovasi dan Hilirisasi UNS, Prof. Dr. Eng. Agus Purwanto menyampaikan, Semesta adalah salah satu program unggulan dari Direktorat Inovasi dan Hilirisasi UNS. Program ini merupakan salah satu wujud sinergitas antara perguruan tinggi dan dunia industri dalam menghilirisasi hasil riset dan inovasi.

“Kami Universitas Sebelas Maret bidang riset dan inovasi melalui Direktorat Inovasi dan Hilirisasi berupaya untuk memfasilitasi pengembangan hasil riset dan inovasi, seni budaya, serta kreasi inovatif warga kampus melalui program pendanaan dan inkubasi startup,” katanya.

“Selain untuk meningkatkan percepatan inovasi, program ini diharapkan mampu mendorong komersialisasi hasil-hasil riset serta mempercepat laju lahirnya perusahaan-perusahan rintisan berbasis teknologi,” lanjutnya.

Prof. Agus menjelaskan, tahun ini UNS Innovation Hub memiliki sejumlah program. Pertama, Semesta Bright, program ini bertujuan menjaring tenant dari sivitas akademika UNS baik dosen, mahasiswa, maupun alumni di bidang kesehatan, pangan, pertanian, industri kreatif dan pariwisata, pendidikan, teknologi informasi dan komunikasi, serta sosial humaniora.

Kedua, Semesta New Renewable Energy yang bekerja sama dengan Pertamina untuk menjaring tenant dari sivitas akademika UNS dan umum untuk mengembangkan startup di bidang new renewable energy maupun energi terbarukan.

Ada pula Program Pengembangan Inovasi (PPI) yakni skema pengembangan inovasi untuk dosen atau tenaga kependidikan UNS. Terakhir, ada program penelitian dan penciptaan seni dan desain yang ditujukan untuk mengakomodasi kreativitas peneliti, pencipta, atau pengkaji seni dan desain di lingkungan UNS. Keempat program ini sudah dibuka mulai 10 Maret 2022 dan akan ditutup pada 16 Maret 2022.

Program Semesta 2022 kali ini mengusung tema “Inherit the Spirit of Innovation by Collaborating Wisdom and Technology Advancement”. Sejumlah praktisi dan partner pendanaan hadir dan memberikan penjelasan pada acara grand launching.
(nz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1438 seconds (10.55#12.26)