Mahasiswa, Ini 4 Tips Persiapan Seleksi IISMA dari Ditjen Diktiristek

Kamis, 17 Maret 2022 - 09:30 WIB
loading...
Mahasiswa, Ini 4 Tips Persiapan Seleksi IISMA dari Ditjen Diktiristek
4 tips persiapan seleksi IISMA dari Ditjen Diktiristek. Foto/Tangkap layar Instagram Ditjen Diktiristek.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek secara resmi telah membuka pendaftaran Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) 2022. Simak sejumlah tips yang bisa dicoba agar bisa lolos seleksi program ini.

IISMA sendiri adalah skema beasiswa dari pemerintah untuk mendanai siswa dan siswi Indonesia dalam program mobilitas ke sejumlah universitas terkemuka di luar negeri.

Mahasiswa sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, mengalami budaya negara tuan rumah dan melakukan tugas praktis untuk meningkatkan keterampilan.

Baca: Kisah Anis, Mahasiswi UNS yang Berhasil Masuk University of Edinburgh dengan IISMA

Skema ini dikelola secara terpusat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek dan terbuka untuk mahasiswa sarjana dari seluruh perguruan tinggi Indonesia di bawah Ditjen Diktitristek.

Lalu seperti apa tips agar bisa lolos dalam program IISMA? Cek 4 tips yang disampaikan Ditjen Diktiristek Kemendikbudristek melalui akun Instagramnya @ditjen.dikti, yang dikutip Kamis (17/3/2022).

1. Kenali Kemampuan Diri
Cara untuk mengenali kemampuan diri dapat dilakukan dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Ini merupakan salah satu penunjang dalam pembuatan esai dan curriculum vitae (CV).

Baca juga: Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2022 Dibuka, Ini Syaratnya

2. Latih Kemahiran Berbahasa Inggris
IISMA memungkinkan mahasiswa bisa kuliah satu semester di beberapa kampus top dunia. Oleh karena itu diperlukan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Maka berlatih berbahasa Inggris dengan giat dan rutin dapat membantu melewati setiap tahapan dalam seleksi IISMA.

3. Susun Strategi Pilih Universitas
Perguruan tinggi yang bisa dipilih tidak hanya dari Amerika, namun juga Eropa hingga Asia maka lakukan riset terlebih dulu untuk memilih universitas. Pastikan kampus tujuan tersebut memiliki peluang penerimaan yang tinggi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

4. Persiapkan Diri untuk Wawancara
Poin penting saat seleksi wawancara yaitu menjadi diri sendiri, jujur, dan percaya diri. Ketiga hal tersebut perlu dilakukan agar membuat pewawancara terkesan.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3564 seconds (0.1#10.140)