Prospek Kerja dan Gaji Lulusan Kesehatan Masyarakat, Bisa Capai Rp120 Juta per Tahun

Kamis, 17 Maret 2022 - 19:20 WIB
loading...
A A A
Gaji untuk level staf posisi ini bervariasi bergantung tempatnya bekerja. Rata-rata administrator kesehatan mendapatkan Rp48 Juta per tahun.

2. Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Ahli Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3 atau HSE) adalah tenaga teknis yang berperan dalam mengevaluasi kebijakan dan program keselamatan, serta mengidentifikasi bahaya yang mungkin atau telah terjadi.

Hampir semua industri dan organisasi swasta juga membutuhkan ahli kesehatan masyarakat. Misalnya, dalam bidang Quality, Health, Safety and Environment (QHSE) di perusahaan minyak dan gas, manufaktur, dan lain-lain.
Gaji yang didapatkan seorang ahli K3 untuk level officer sekitar Rp120 Juta per tahun, dan bisa lebih tinggi untuk level manajer.

3. Promotor kesehatan

Prospek kerja kesehatan masyarakat yang banyak tersedia adalah promotor kesehatan atau promkes. Promotor kesehatan bertugas menyediakan dan mengelola program pendidikan kesehatan yang membantu individu, keluarga, dan komunitas dalam memaksimalkan dan mempertahankan gaya hidup sehat.

Anda juga akan diminta untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk mengidentifikasi kebutuhan masyarakat sebelum melakukan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi program yang dirancang untuk mendorong gaya hidup sehat, kebijakan, dan lingkungan.

Dapat berfungsi sebagai sumber daya untuk membantu individu, pekerja kesehatan lainnya, atau masyarakat, dan dapat mengelola sumber daya fiskal untuk program pendidikan kesehatan. Di Indonesia, penyuluh kesehatan masyarakat untuk pemerintah merupakan PNS di bawah Kementerian Kesehatan.

Gaji seorang promotor kesehatan terbilang cukup baik, mulai dari Rp36 Juta pertahun atau lebih bergantung pada perusahaan atau instansi tempatnya bekerja.

4. Epidemiolog
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0993 seconds (0.1#10.140)