Jenis Pekerjaan dan Skill yang Dibutuhkan di Era Metaverse

Jum'at, 18 Maret 2022 - 19:46 WIB
loading...
Jenis Pekerjaan dan Skill yang Dibutuhkan di Era Metaverse
Beberapa jenis pekerjaan dan kualifikasinya yang sangat dibutuhkan pada era metaverse. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ada beragam skill dan kemampuan yang sangat dibutuhkan di dunia kerja pada masa depan. Dua kemampuan yang penting dikuasai adalah hardskill dan softskill. Keduanya saling melengkapi dan penting bagi karyawan di sebuah perusahaan.

Soft skill adalah kemampuan non-teknikal yang berhubungan dengan bagaimana seseorang bekerja. Sementara itu, hard skill merupakan kemampuan yang berhubungan dengan sebuah pekerjaan tertentu yang diperoleh melalui pelatihan dan pengalaman di pekerjaan tertentu.



Perkembangan zaman membuat teknologi juga ikut berkembang pesat. Tidak hanya itu, sumber daya manusia juga perlu mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal.

Pada siaran pers No. 55/HM/KOMINFO/02/2022, juru bicara kementerian komunikasi dan informatika, Dedy Permadi mengatakan bahwa sekarang ini pemerintah mendorong kerja sama berbagai stakeholders baik di tingkat nasional ataupun global dengan negara G20 untuk mempersiapkan SDM dalam era transformasi digital.

Hal itu memberikam kesempatan bagi Indonesia dalam mengembangkan peningkatan pengembangan sumber daya manusia di bidang digital.



Jubir Kementerian Kominfo memprediksi perkerjaan yang hilang dan muncul akibat digitalisasi. Era digitalisasi atau metaverse membuat generasi muda saat ini perlu meningkatkan kemampuan digital yang baru untuk menyongsong kebutuhan pekerjaan yang akan datang.

Dedy Permadi selaku juru bicara Kominfo mengungkapkan arti penting untuk meningkatkan skill atau kemampuan digital yang terdiri atas soft skill dan hard skill. Dedy menyebut hard skill yang dibutuhkan di era digital (era metaverse) seperti big data analitics, machine learning, artificial intelligence, dan Internet of Things.

Sedangkan untuk soft skill-nya, yaitu complex problem solving, critical thinking, creativity, dan communication. Hard skill dan soft skill jika digabungka akan menjadi kecakapan yang sangat dibutuhkan di masa mendatang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6366 seconds (0.1#10.140)