Mau Jadi Perawat? Simak Informasi Lengkap Jurusan Ilmu Keperawatan

Sabtu, 19 Maret 2022 - 16:45 WIB
loading...
Mau Jadi Perawat? Simak Informasi Lengkap Jurusan Ilmu Keperawatan
Mau jadi perawat? simak informasi lengkap jurusan ilmu keperawatan. Foto/SINDOnews/Ilustrasi.
A A A
JAKARTA - Untuk menjadi seorang perawat bukanlah hal yang mudah. Sosok perawat harus memiliki empati dan juga ilmu yang mumpuni. Bagi calon mahasiswa yang ingin menjadi perawat bisa kuliah jurusan ilmu keperawatan di sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air.

Perawat memang identik dengan perempuan. Namun saat ini sudah banyak laki-laki yang menjalani profesi perawat. Selain memiliki jiwa empati, seorang perawat harus menjadi sosok yang sabar, telaten, dan peduli.

Tidak hanya itu, skill komunikasi juga perlu diasah, sebab nanti akan bertemu dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda. Misalnya, korban bencana alam, lansia, atau balita. Seorang perawat juga wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan di sekitarnya agar tetap steril.

Apa yang Dipelajari?

Mengutip laman Brain Academy, pada awal perkuliahan, mahasiswa jurusan Keperawatan akan mempelajari Ilmu Biomedik Dasar. Mata kuliah ini juga terdapat di jurusan Kedokteran. Penting bagi calon perawat untuk memahami Ilmu Biomedik, karena terdapat pembahasan yang berhubungan dengan anatomi dan fungsi tubuh manusia. Ilmu Biomedik merupakan landasan dalam melaksanakan proses keperawatan.

Baca: Kisah Perjuangan Susan, Mahasiswi Papua Nugini Raih Gelar Magister di Unsoed

Jangan lupa untuk memahami Dasar Keperawatan yang membahas sejarah, paradigma, konsep pertumbuhan dan perkembangan manusia, serta beberapa teori keperawatan. Mahasiswa dilatih untuk berpikir kritis dan memiliki keterampilan dasar dalam memenuhi kebutuhan pasien.

Beberapa sub topik penting dalam jurusan Keperawatan juga perlu dikuasai. Sebut saja Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas (melahirkan), Keperawatan Medikal Bedah, dan Keperawatan Komunitas atau Masyarakat. Ada juga mata kuliah Keperawatan Kritis dan Gawat Darurat untuk menangani pasien agar terhindar dari kecacatan yang mungkin dialami.

Sistem pembelajaran Jurusan Keperawatan terbagi menjadi 3, yaitu: lecture atau penjelasan oleh dosen, praktikum, dan group discussion. Group discussion adalah sesi diskusi antar kelompok untuk membahas penyakit yang sering dialami pasien di rumah sakit.

Syarat, Jenjang Pendidikan dan Gelar

Jurusan Keperawatan sendiri hanya bisa dimasuki oleh siswa lulusan SMA/SMK IPA. Sedangkan anak IPS harus lintas jurusan untuk mengambil prodi ini. Jenjang pendidikan Keperawatan bermacam-macam, dimulai dari D3, D4, S1, S2, sampai S3. Khusus S1, kalian perlu melanjutkan pendidikan profesi Ners selama 1 tahun. Biaya kuliah jurusan keperawatan yaitu Rp8 juta sampai Rp13 juta per semester.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1288 seconds (0.1#10.140)