Ini 5 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Malas Menghitung, Nomor 4 Paling Diburu

Minggu, 20 Maret 2022 - 05:15 WIB
loading...
A A A
3. Agribisnis

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari bisnis pada sektor pertanian, yang meliputi juga perkebunan dan perhutanan. Materi perkuliahan pada jurusan agribisnis ini berisi perpaduan ilmu ekonomi dan pertanian. Di sini mahasiswa akan diajarkan cara mengolah hasil pertanian hingga hasilnya bisa dipasarkan.
Mata kuliah yang diajarkan di jurusan ini di antaranya ilmu usaha tani, sosiologi pertanian, akuntansi biaya, dan perilaku konsumen. Jurusan agribisnis terdapat di Universitas Katolik Widya Karya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, dan Universitas Brawijaya.

4. Psikologi

Jurusan psikologi sebetulnya memiliki dua rumpun ilmu. Pada rumpun soshum, psikologi mengarah kepada ilmu sosial dan humaniora. Lulusannya nanti bisa menjadi seorang psikolog. Sedangkan jurusan psikologi pada rumpun saintek mempelajari mengenai cara berpikir seseorang, emosi, dan perilaku yang ditinjau dari segi kesehatan dan sains. Setelah tamat kuliah, lulusan psikologi saintek bisa menjadi psikiater.

Mata kuliah yang akan dipelajari pada psikologi saintek yaitu statistika, psikologi sosial, psikologi manajemen, psikologi kepribadian, serta psikologi klinis. Beberapa universitas yang terdapat jurusan psikologi rumpun saintek adalah Universitas Padjajaran, Universitas Sebelas Maret, Universitas Hasannudin dan Universitas Andalas.

5. Biologi

Pada jurusan biologi, mahasiswa akan memperdalam tentang peristiwa-peristiwa yang terkait dengan makhluk hidup. Alih-alih banyak menghitung, di jurusan ini justru harus lebih banyak membaca. Di jurusan biologi juga sering terdapat praktikum dan kerja lapangan di laboratorium.

Mata kuliah yang akan ditemui antara lain, biologi umum, biosistematika, praktikum struktur dan perkembangan tumbuhan dan histologi hewan. Kampus yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, serta Universitas Padjajaran.

Melansir dari berbagai sumber,
Maria Alexandra Fedho/Litbang MPI
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)