6 Kiat Melatih Siswa Berpikir dengan Logika

Sabtu, 02 April 2022 - 15:11 WIB
loading...
6 Kiat Melatih Siswa Berpikir dengan Logika
Suasana belajar di salah satu sekolah. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Mampu berpikir dengan logika adalah salah satu aspek penting dalam kepemimpinan. Oleh karena itu, siswa harus dilatih untuk berpikir logis sejak kecil supaya terbiasa hingga nanti dewasa.

Berpikir logis sering dikaitkan berpikir kritis, yang merupakan salah satu keterampilan abad 21. Siswa generasi Z dituntut untuk memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis. Berpikir kritis mendorong siswa untuk menerima informasi, menganalisisnya, dan membuat penilaian tentangnya, dan semua hal ini membutuhkan imajinasi dan rasa ingin tahu.

Siswa yang mampu berpikir dengan logika harus memikirkan tentang bagaimana informasi baru itu sesuai dengan pengetahuan yang sudah mereka miliki, ataupun yang belum mereka ketahui. Untuk melatih siswa kemampuan ini, guru harus mengetahui bahwa ada beberapa kunci dan tips yang dapat dilakukan di sekolah dilansir dari laman resmi Akupintar berikut ini.

Baca: Luncurkan Gen Aktif, BenihBaik-Kemendikbud Dukung Pelajar Jadi Generasi Sehat dan Kreatif

Cara Mengajari Siswa Berpikir Logis

1. Beri kesempatan siswa melakukan hobi yang bersifat kreatif

Cara melatih siswa untuk berpikir dengan logika yang pertama adalah dengan memberikan kesempatan dan pengalaman mereka melakukan hal-hal kreatif. Beberapa contoh hobi yang mampu mendorong pemikiran logis siswa antara lain: menggambar, melukis, menulis, dan memainkan musik. Tidak hanya menjadi lebih kreatif, kegiatan ini akan membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah agar bisa menjadi lebih baik sebagai seorang pemimpin.

Selain mampu mendorong kemampuan bernalar, melakukan hobi yang bersifat kreatif akan mengurangi stres pada siswa sehingga membuat mereka lebih mudah fokus, berpikir dengan lebih jernih, dan siswa akan dapat melihat segala sesuatunya dengan cara pandang baru. Hasilnya adalah siswa akan lebih mudah membuat keputusan logis dan tidak hanya dipengaruhi oleh insting atau perasaan saja.

2. Melatih siswa untuk bertanya

Kenapa demikian? Karena dengan sering mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang dipelajari atau dilihat menjadi salah satu cara untuk melatih kemampuan berpikir logis siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan akan membantu siswa mendapatkan informasi dan melihat situasi secara detail.

3. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan berinteraksi siswa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2767 seconds (0.1#10.140)