5 Prospek Kerja Jurusan Perpajakan, Keahliannya Banyak Dibutuhkan Perusahaan

Sabtu, 02 April 2022 - 15:43 WIB
loading...
5 Prospek Kerja Jurusan Perpajakan, Keahliannya Banyak Dibutuhkan Perusahaan
5 prospek kerja jurusan perpajakan. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Salah satu pertimbangan penting dalam memilih jurusan kuliah adalah prospek kerjanya di masa depan. Tentu mahasiswa tidak ingin menjadi pengangguran ketika sufdah lulus nanti. Oleh karena itu simak prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan jurusan taxation atau perpajakan .

Dibandingkan dengan jurusan lain, program studi taxation memang mempunyai jumlah peminat yang relatif sedikit. Bahkan, perguruan tinggi yang menyediakan pilihan jurusan taxation cukup terbatas. Namun, apakah minimnya minat terhadap jurusan perpajakan disebabkan karena prospek kerjanya yang terbatas?

Jangan mengambil kesimpulan yang terlalu cepat. Para alumni program studi perpajakan punya peluang kerja yang tidak kalah banyaknya dibandingkan jurusan lain. Ketika menjalani perkuliahan di jurusan taxation, kamu bakal mempunyai keahlian penting terkait perpajakan.

Baca: 6 Kiat Melatih Siswa Berpikir dengan Logika

Keahlian ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan, baik swasta, BUMN, ataupun pemerintah. Kamu pun memiliki pilihan karier yang cukup beragam. Sebagai contoh, berikut ini adalah 5 prospek kerja yang bisa dijalani seperti dilansir dari laman resmi Binus University.

1. Akuntan Pajak

Prospek kerja yang pertama adalah menjadi seorang akuntan pajak. Tugas utama yang menjadi tanggung jawab akuntan pajak adalah mengurusi berbagai hal yang berkaitan dengan pajak. Kamu perlu melakukan analisis terhadap fenomena ekonomi yang tengah terjadi dan selanjutnya mengambil strategi yang tepat sesuai dengan undang-undang perpajakan yang berlaku.

Tenaga seorang akuntan pajak dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Kamu bisa memilih bekerja di kantor akuntan publik. Selain itu, keahlian kamu sebagai akuntan pajak juga sangat dibutuhkan oleh lembaga bank, pemerintahan, dinas keuangan daerah, bea cukai, dan lain sebagainya.

2. Konsultan Pajak

Ada pula pilihan karier menjadi seorang konsultan pajak. Seorang konsultan pajak menjalankan pekerjaannya dengan menyediakan jasa konsultasi terkait perpajakan. Konsultasi tersebut dibutuhkan oleh wajib pajak dalam rangka memenuhi kewajiban pembayaran pajak kepada negara sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Keberadaan konsultan pajak sangat penting untuk memastikan bahwa wajib pajak melakukan pembayaran pajak tepat waktu. Dengan begitu, wajib pajak bisa memperoleh manfaat dari pajak yang telah dibayarkan. Di samping itu, konsultan pajak dapat membantu wajib pajak melakukan pembayaran pajak secara tepat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1208 seconds (0.1#10.140)