Syarat dan Cara Daftar PKN STAN 2022, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Jum'at, 08 April 2022 - 09:46 WIB
loading...
Syarat dan Cara Daftar PKN STAN 2022, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS
Syarat dan cara daftar ke PKN STAN 2022. Foto/Tangkap layar Instagram PKN STAN.
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2022 dijadwalkan dibuka besok, Sabtu 9 April 2022. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN juga telah mengumumkan persyaratan dan cara daftar untuk menjadi mahasiswa baru di kampusnya.

Sebagai perguruan tinggi yang berfokus pada pendidikan vokasi di bidang keuangan negara, PKN STAN menjadi salah satu favorit pada pendaftaran sekolah kedinasan. Hal ini menjadikan tingkat persaingan masuk ke PKN STAN pun menjadi sangat ketat.

Lulusannya, terutama program studi Diploma IV akan diangkat menjadi CPNS yang tidak hanya ditempatkan di Kementerian Keuangan, Badan Pengawas Keuangan dan juga Badan Pengawas Keuangan (BPK) dan Pembangunan (BPKP), namun juga instansi pemerintah lainnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sendiri telah mengumumkan pendaftaran seleksi Sekolah Kedinasan 2022 akan dibuka mulai 9 April 2022 dan akan ditutup 30 April 2022. Alur dalam jadwal seleksi sekolah kedinasan menggunakan proses seleksi terintegrasi berbasis One Stop Recruitmen Service.

Hal itu yakni, pendaftaran dilakukan melalui satu portal https://dikdin.bkn.go.id mulai pendaftaran, pemilihan sekolah, verifikasi oleh instansi, kelulusan administrasi, pembayaran virtual account hingga tes CAT kelulusan serta layanan helpdesk peserta tersedia dalam satu portal.

Bagi pendaftar baru diharapkan untuk dapat membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) dan yang telah memiliki akun sebelumnya dapat langsung melakukan login. Perlu diingat pendaftar hanya dapat melamar pada satu Sekolah Kedinasan.

Baca: Itenas Siapkan Beasiswa Rp2 Miliar untuk 100 Anak Guru Berprestasi, Cek Syaratnya

Sementara itu, dilansir dari laman resmi PKN STAN, Jumat (8/4/2022), PKN STAN telah menyampaikan pengumuman resmi tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Prodi Diploma IV PKN STAN 2022. Hal ini berdasarkan Berdasarkan Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/512/M.SM.01.00/2022 tentang Persetujuan Prinsip Kebutuhan CPNS dari Mahasiswa PKN STAN Tahun Anggaran 2022 dan Persetujuan Afirmasi.

Program studi yang dibuka ada 3 dengan jumlah formasi yang tersedia sebanyak 750 orang. Berikut program studinya:

1. Diploma IV Akuntansi Sektor Publik

2. Diploma IV Manajemen Keuangan Negara

3. Diploma IV Manajemen Aset Publik

A. Kriteria Peserta

Kebutuhan dari tiap-tiap Program Studi diperuntukkan bagi peserta dengan kriteria:

1. Program Reguler adalah program penerimaan mahasiswa baru dari seluruh wilayah di Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah.

2. Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra- putri dari Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan. Khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan non- ADEM/umum.

B. Syarat Pendaftaran

1. Lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) semua Sekolah Menengah Atas atau yang sederajat.

2. Persyaratan nilai (bukan hasil pembulatan) bagi peserta:

a. lulusan tahun 2021 dan sebelumnya, memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00

b. calon lulusan tahun 2022, memiliki nilai rata-rata rapor untuk komponen pengetahuan pada 5 (lima) semester (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00 dengan ketentuan pada saat pendaftaran ulang yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan memiliki rata-rata nilai ujian pada ijazah tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100,00.

3. Usia maksimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 21 tahun, dalam pengertian calon peserta yang lahir sebelum tanggal 1 September 2001 tidak diperkenankan untuk mendaftar. Usia minimal pada tanggal 1 September 2022 adalah 15 tahun.

4. Telah mendaftar pada portal Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2022.

5. Memiliki nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.

6. Sehat jasmani dan rohani serta bebas dari ketergantungan napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).

7. Bagi pria tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.

8. Bagi wanita tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain telinga dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga lebih dari 1 (satu) pasang (telinga kiri dan kanan).

Baca juga: 5 Prodi Unpar Raih Akreditasi Unggul Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

9. Belum pernah menikah/kawin dan bersedia untuk tidak menikah/kawin selama mengikuti Pendidikan.

10. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN pada tahun-tahun sebelumnya.

11. Khusus Program Afirmasi ditambahkan syarat sebagai berikut:

a. Peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat: Memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.

b. Peserta dari Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur:

1) telah menyelesaikan Sekolah Dasar (SD) atau yang sederajat, Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau yang sederajat, dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat di provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur

2) memiliki garis keturunan orang tua (ayah atau ibu kandung) asli provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, atau Nusa Tenggara Timur; dan

3) mendapat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

C. Tata Cara Pendaftaran

1. Peserta melakukan registrasi dengan tahapan sebagai berikut:

a. mengakses portal SSCASN Sekolah Kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id;

b. membuat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) kemudian mencetak Kartu Informasi Akun

c. login ke SSCASN Sekolah Kedinasan (https://dikdin.bkn.go.id) menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

d. memilih sekolah kedinasan PKN STAN, memilih program reguler atau afirmasi, melengkapi biodata, nomor UTBK, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan isian lainnya serta mengunggah dokumen yang diperlukan antara lain:

1) Bagi Peserta Program Reguler:

a) Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg)

b) KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg)

c) Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)

d) Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); atau Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); dan

e) Kartu Keluarga (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf)

2) Bagi Peserta Program Afirmasi:

a) Pas foto berlatar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos, dan bagi peserta wanita yang berjilbab mengenakan jilbab warna putih polos (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg)

b) KTP bagi peserta yang berusia 17 tahun ke atas atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau Surat Keterangan Pengganti KTP (ukuran maksimal 200 Kb dan format .jpg)

c) Kartu Peserta UTBK (ukuran maksimal 500 Kb dan format .pdf)

d) Rapor SMA (semester gasal dan genap untuk kelas X dan XI serta semester gasal kelas XII) bagi calon lulusan tahun 2022 (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf); atau Ijazah SMA bagi lulusan tahun 2021 atau sebelumnya (dokumen dalam satu file dengan ukuran 1.000 Kb dan format .pdf)

e) Kartu Keluarga atau Surat Keterangan Hubungan Keluarga dari Kelurahan/Kepala Desa (ukuran maksimal 700 Kb dan format .pdf)

f) → Peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat mengunggah tambahan dokumen antara lain:

Surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Papua dan Papua Barat. Formulir surat keterangan dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN.

→ Peserta Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur mengunggah tambahan dokumen antara lain:

i. Ijazah SD dan Ijazah SMP;

ii. Akta Kelahiran peserta, KTP ayah atau ibu kandung; dan

iii. Surat rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat. Formulir surat rekomendasi dapat diunduh pada laman http://bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN.

e. Melakukan reviu atas resume dan mencetak Kartu Pendaftaran

f. logout dari portal https://dikdin.bkn.go.id untuk melanjutkan proses berikutnya melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id.

Peserta hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga. Dalam hal peseta terdaftar pada lebih dari satu sekolah kedinasan pada Kementerian/Lembaga, maka yang bersangkutan dinyatakan gugur.

2. Peserta mengisi formulir pendaftaran online (e-registration) melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id yang terdiri dari tahapan sebagai berikut:

a. login dengan menggunakan username dan password yang didaftarkan pada portal https://dikdin.bkn.go.id

b. mengisi data pilihan program studi

c. mengisi data tambahan pada formulir pendaftaran online; dan

d. mengunci data.

D. Biaya Pendaftaran dan Tata Cara Pembayaran

1. Biaya pendaftaran SPMB sebesar Rp350.000,00 per peserta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar sebesar Rp50.000 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku pada Badan Kepegawaian Negara.

2. Tata cara pembayaran dilakukan sebagai berikut:

a. Peserta yang lulus Seleksi Administrasi akan mendapatkan kode billing berupa Mandiri Virtual Account (MVA). Agar dapat mengikuti tahapan berikutnya peserta diwajibkan membayar biaya pendaftaran SPMB sebagaimana tercantum pada angka 1;

b. Kode billing didapatkan melalui portal https://spmb.pknstan.ac.id dengan login menggunakan username dan password masing-masing peserta

c. Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking dengan manggunakan Mandiri Virtual Account (MVA). Tata cara pembayaran dapat dilihat di portal https://spmb.pknstan.ac.id.

E. Pendidikan

1. Pendidikan untuk Program Studi Diploma IV akan dimulai pada akhir September 2022.

2. Penyelenggaraan pendidikan akan diasramakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN

STAN.

3. Lama pendidikan untuk Program Studi Diploma IV adalah 8 (delapan) semester. Mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap akhir semester akan dikeluarkan dari program pendidikan PKN STAN.

4. Pendidikan Program Studi Diploma IV diselenggarakan di Kampus PKN STAN, Jalan Bintaro Utama Sektor V Bintaro Jaya Tangerang Selatan.

5. Mahasiswa tidak dikenakan biaya selama mengikuti kegiatan akademik.

6. Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

7. Penempatan mahasiswa yang dinyatakan lulus pada Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru PKN STAN Tahun 2022 pada Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah akan dilakukan setelah mahasiswa menyelesaikan pendidikan.

Jadwal SPMB PKN STAN 2022

1. Pendaftaran online di portal https://dikdin.bkn.go.id: 9-30 April 2022

2. Pendaftaran online di portal https://spmb.pknstan.ac.id

3. Pengumuman hasil seleksi administrasi: 24 Juni 2022

4. Pembayaran biaya pendaftaran SPMB: 24-26 Juni 2022

5. Pengumuman jadwal dan lokasi SKD: 28 Juni 2022

6. Pelaksanaan SKD: 30 Juni-5 Juli 2022

7. Pengumuman Hasil SKD serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi): 13 Juli 2022

8. Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi: 18-22 Juli 2022

9. Pengumuman Hasil Seleksi Lanjutan I (Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Tes Psikologi) serta Jadwal dan Lokasi Seleksi Lanjutan II (Tes Wawancara): 4 Agustus 2022

10. Tes wawancara: 8-12 Agustuss 2022

11. Pengumuman kelulusan SPMB PKN STAN: 29 Agustus 2022

12. Pendaftaran ulang: 5-9 September 2022

13. Mulai pendidikan: Akhir september 2022.

Untuk keterangan lebih lengkap mengenai SPMB PKN STAN 2022, dapat melihat informasinya di laman resmi PKN STAN di pknstan.ac.id.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)