Calon Maba, Ini Bedanya Kuliah di Kampus Negeri dan Swasta

Kamis, 14 April 2022 - 14:13 WIB
loading...
Calon Maba, Ini Bedanya Kuliah di Kampus Negeri dan Swasta
Perbedaan kuliah di kampus swasta dan negeri. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Memilih tempat kuliah bukanlah hal yang mudah dan segala aspek perlu dipertimbangkan agar bisa kuliah dengan nyaman. Bagi yang sedang galau dalam memilih universitas negeri atau swasta, ketahui perbedaan keduanya agar tidak salah pilih perguruan tinggi yang sesuai kebutuhanmu.

Tidak dipungkiri, universitas negeri dianggap lebih bergengsi oleh para siswa dan orangtua. Maka dari itu jalur penerimaan mahasiswa baru di PTN seperti SNMPTN, SBMPTN ataupun jalur mandiri pun selalu diserbu para calon mahasiswa.

Namun, di satu sisi, kredibilitas universitas swasta juga tidak kalah bersaing dengan universitas negeri. Banyak perguruan tinggi swasta yang masuk pemeringkatan perguruan tinggi seperti Times Higher Education, Webometrics hingga QS World University Rankings.

Bagi lulusan SMA/sederajat yang masih saja bingung mau masuk kampus negeri atau swasta, sebaiknya baca dulu beberapa perbedaan antara PTN dan PTS. Baik dari segi seleksi, biaya, pengelolaan, hingga lulusan yang dilansir dari laman resmi Aku Pintar berikut ini.

Baca: Scimago Institutions Rankings, UI Unggul di 7 Subject Areas

1. Perbedaan PTN dan PTS pada Koordinasi dan Pengelolaan

PTN adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan atau dikelola oleh pemerintah, tepatnya berada di bawah koordinasi Kemendikbudristek. Sementara itu, PTS adalah perguruan tinggi yang didirikan dan dikelola oleh lembaga non-pemerintah (yayasan) dengan koordinasi di bawah Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta).

2. Perbedaan PTN dan PTS pada Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru

Tiga jalur penerimaan mahasiswa baru saat ini di PTN adalah SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri. SNMPTN adalah seleksi calon mahasiswa baru berdasarkan prestasi akademik (dan non-akademik), sedangkan SBMPTN adalah seleksi berdasarkan hasil tes (UTBK). Meskipun nama kedua jalur ini terus berubah, dasar seleksi SNMPTN dan SBMPTN relatif sama dari waktu ke waktu.

Pada jalur ketiga, yaitu Seleksi Mandiri, setiap perguruan tinggi negeri diperbolehkan menerapkan ketentuannya masing-masing. Mulai dari kriteria seleksinya, dengan ujian atau tidak, hingga biaya pendaftaran dan kuliah, seluruhnya menjadi kewenangan kampus negeri masing-masing.

Sementara kampus swasta, yang tidak terikat dengan peraturan pemerintah dalam proses penerimaan mahasiswa baru, memiliki beberapa jalur seleksi yang biasanya diselenggarakan dalam beberapa gelombang. Misalnya, jalur penerimaan mahasiswa baru di PTS adalah jalur prestasi (tanpa tes), jalur tes, jalur undangan dengan sekolah yang telah memiliki kerja sama, dan lain-lain. Tak jarang, jenis tes dan materi ujian setiap kampus swasta pun berbeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)