Calon Maba, Ini Bedanya Kuliah di Kampus Negeri dan Swasta

Kamis, 14 April 2022 - 14:13 WIB
loading...
A A A
Bahkan beberapa kampus swasta, seperti Universitas Muhammdiyah Yogyakarta, Universitas Trisakti, ataupun Telkom University, menerima pendaftaran calon mahasiswa baru 2020 dengan menggunakan nilai UTBK. Karena cukup independen dari ketentuan pemerintah, proses seleksi dan penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi swasta cenderung lebih fleksibel.

Baca juga: QS WUR 2022, Prodi CRCS dan IRS UGM Tembus Peringkat 47 Dunia

3. Perbedaan PTN dan PTS pada Pembiayaan Pendidikan

Status Badan Hukum perguruan tinggi negeri berpengaruh pada pembiayaan pendidikan. Tarif atau biaya pendidikan di kampus negeri ditetapkan sesuai dengan pedoman dari Kemendikbudristek. Uang Kuliah Tunggal (UKT), misalnya, disusun dalam beberapa golongan untuk menyesuaikan dengan keadaan ekonomi mahasiswa, orang tua, atau pihak lain sebagai penyandang dana.

Karena batasan-batasan dalam pengelolaan pendanaan inilah, fasilitas perkuliahan PTN terbatas. Maka, calon mahasiswa baru yang akan masuk kampus negeri harus diseleksi agar daya tampungnya mencukupi.

Sebaliknya, PTS tidak terikat dengan aturan yang membatasi pembiayaan pendidikan. Komponen biaya kuliah pada tiap-tiap universitas swasta pun tak harus sama. Keleluasaan ini memberi ruang bagi kampus swasta untuk mengembangkan fasilitas perkuliahannya. Maka semakin baik dan mencukupi fasilitas kampus, semakin besar kuota penerimaan calon mahasiswa baru.

4. Perbedaan PTN dan PTS pada Alumni (Lulusan)

Hingga hari ini, kita masih mendapati keyakinan bahwa alumni PTN memiliki prospek yang lebih cerah dibanding alumni PTS. Dengan kata lain, perbedaan lulusan PTN dan PTS disempitkan pada peluangnya memperoleh pekerjaan.

Pada keadaan tertentu, keyakinan ini memang tak bisa disalahkan sepenuhnya. Misalnya, mayoritas pegawai Pertamina adalah alumni kampus negeri seperti Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Padjadjaran, dan universitas-universitas negeri favorit yang lain.

Sementara di Tokopedia, misalnya, jumlah pegawai alumni Universitas Indonesia setara dengan alumni Universitas Bina Nusantara. Dalam hal ini, prospek alumni PTN (UI) tidak jauh lebih baik daripada prospek alumni PTS (Binus).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6057 seconds (0.1#10.140)