Bersiap KKN Tematik 2022, IPB University Beri Kuliah Pembekalan untuk Mahasiswa

Kamis, 28 April 2022 - 10:44 WIB
loading...
Bersiap KKN Tematik 2022, IPB University Beri Kuliah Pembekalan untuk Mahasiswa
Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Drajat Martianto. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - IPB University memberikan pembekalan bagi mahasiswa yang akan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) 2022. Kuliah tersebut dibuka oleh Wakil Rektor IPB University Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan, Prof Drajat Martianto.

Dalam sambutannya, Prof Drajat mengatakan, program KKN Tematik sebagai kontribusi IPB University terhadap pembangunan nasional melalui pembinaan kepada masyarakat pedesaan. Ia mengatakan, mahasiswa IPB University akan hidup berdampingan dan bersama dengan masyarakat pedesaan.



“KKN Tematik itu suatu bentuk pendidikan, meskipun dilaksanakan di luar kampus. Makanya disebutnya kuliah, tapi kuliahnya dengan cara mahasiswa melakukan kegiatan secara total di masyarakat dalam kurun waktu tertentu,” kata Prof Drajat.

Menurutnya, proses pendidikan ini dilakukan dengan cara memberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah masyarakat bahwa realitas di dalam kampus berbeda dengan realitas di luar kampus. Ia menilai, mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik akan mendengar dan melihat secara langsung masalah-masalah yang terjadi di masyarakat.

“Jadi mahasiswa bersama masyarakat melakukan identifikasi dan menangani masalah pertanian dan agromaritim dalam arti luas. Ada masalah-masalah lingkungan serta masalah pembangunan lain yang dihadapi di daerah termasuk masalah ekonomi, sosial, dan sebagainya,” sebutnya.



Prof Drajat berpesan agar mahasiswa yang datang ke masyarakat melalui KKN Tematik tidak menganggap dirinya pintar. Ia mengingatkan mahasiswa bahwa masyarakat pedesaan juga banyak yang pintar dan memiliki pengalaman yang belum tentu dimiliki oleh mahasiswa.

Kepala LPPM IPB University, Dr Ernan Rustiadi menerangkan, KKN Tematik 2022 akan tetap dilaksanakan meski masih pandemi Covid-19. Tentunya program pengabdian kepada masyarakat ini secara ketat akan mematuhi terhadap protokol kesehatan Covid-19.

“Ada hal yang memang berbeda di dalam penyelenggaraan KKN Tematik dua tahun terakhir dalam suasana pandemi. Penyelenggaraan KKN Tematik yang tadinya full di lapangan, namun karena pandemi mengalami perubahan. Kita harus menyesuaikan tidak bisa sepenuhnya di lapangan. Akhirnya ada gagasan yang muncul yakni KKN Tematik berbasis domisili,” tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2749 seconds (0.1#10.140)