Bukan Asal Viral, Seperti ini Tipe-tipe Konten yang Dibutuhkan Masyarakat

Kamis, 28 April 2022 - 10:58 WIB
loading...
Bukan Asal Viral, Seperti ini Tipe-tipe Konten yang Dibutuhkan Masyarakat
Jurusan Komunikasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Seiring perkembangan zaman, beragam informasi hadir melalui media sosial . Fenomena tersebut menjadikan orang berlomba-lomba menjadi informan pertama agar informasi yang mereka berikan bisa viral. Viralnya sebuah konten tergantung pada audiensnya. Apabila konten tersebut dirasa menarik maka dengan sendirinya orang-orang berdatangan jadi penonton.

Baca juga: Ini Sederet Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan Dunia Kerja, Cek Infonya di Sini

Dahulu, sebuah konten bisa viral karena sensasi yang dibuat. Misalkan drama dengan setting sedemikian rupa sampai konten clikbait yang mampu menghadirkan banyak penonton. Berbeda dengan sekarang, di mana masyarakat semakin melek dan mampu menyaring informasi sebelum mereka mengonsumsinya. Berikut ini tipe-tipe konten yang dibutuhkan masyarakat, bukan asal viral tapi juga informatif.

Konten How To

Sesuai dengan namanya, ‘How To’ menyajikan konten yang berisi bagaimana membuat sesuatu hal jadi mudah dan menyenangan. Tipe konten seperti ini tidak akan basi dinikmati kapan pun karena isi yang disajikan dekat dengan kehidupan masyarakat. Anda bisa membuat konten ‘How To’ dalam bentuk artikel maupun video.

Baca juga: Inilah Skill Terpenting yang Dimiliki Lulusan Teknik Industri

Seperti konten ‘How To’ yang banyak beredar saat ini di mana kreator memperlihatkan cara penggunaan atau pembuatan yang nantinya bisa ditiru penonton di rumah. Misalnya membuat resep masakan simple untuk sahur dan buka puasa, memanfaatkan barang bekas jadi barang berguna di rumah, dan lain sebagainya. Apabila Anda mampu menyajikan dengan cara menarik, tidak menutup kemungkinan konten yang dibuat akan viral.

Review Produk

Selanjutnya adalah konten review produk, tidak dapat dipungkiri jenis konten seperti ini paling banyak dicari masyarakat. Hal itu terjadi karena orang yang ingin membeli atau menggunakan sesuatu butuh informasi lebih tentang produk tersebut. Maraknya toko online juga semakin mempermudah masyarakat membandingkan kualitas dan harga dari satu toko dengan toko lainnya.

Karena informasi yang tersaji kurang mendetail, masyarakat butuh review dari penggunannya. Apabila Anda sebagai pengguna produk tertentu, bisa memberikan review secara objektif terkait produk yang digunakan. Misalnya yang paling banyak dicari review produk kecantikan, mulai dari skincare sampai make up. Alangkah baiknya Anda juga melakukan uji coba terhadap produk kecantikan yang direview agar masyarakat semakin yakin dengan hasilnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3869 seconds (11.97#12.26)