Mengintip Serunya Tradisi Lebaran di 10 Negara, Pelajar Juga Perlu Tahu

Kamis, 28 April 2022 - 12:36 WIB
loading...
Mengintip Serunya Tradisi Lebaran di 10 Negara, Pelajar Juga Perlu Tahu
Mengintip serunya tradisi lebaran di 10 negara. Foto/Antara.
A A A
JAKARTA - Bulan puasa mendekati hari-hari terakhir. Meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal Hari Raya Idul Fitri 2022 namun umat muslim di seluruh Indonesia akan merayakan Lebaran dengan penuh suka cita.

Bagi yang menjalankan puasa dengan penuh, momen ini dimaknai sebagai hari kemenangan setelah sebulan menahan hawa nafsu, lapar dan haus. Saat ini pun sudah banyak yang melakukan mudik dengan berbagai moda untuk merayakan Lebaran di kampung halaman.

Setelah Indonesia ditempa pandemi dan umat muslim pun harus menahan diri untuk tidak berlebaran bersama di kampung halaman, maka tahun ini pun bisa leluasa berlebaran dengan seluruh anggota keluarga untuk saling bermaaf-maafan dan bersilaturahmi.

Lebaran menjadi ajang berkumpul dan menikmati hidangan khas lebaran. Biasanya ada ketupat, opor ayam, sambal goreng ati, dan sejumlah makanan yang wajib dinikmati saat Lebaran. Namun karena masih di masa pandemi, protokol kesehatan wajib diterapkan untuk melindungi orang terkasih dari penularan virus.

Baca: 31.900 Peserta Pilih Unej di SBMPTN 2022, Ini Jurusan Favoritnya

Lalu bagaimana dengan tradisi Lebaran di negara lain? Dikutip dari laman resmi Ruangguru, berikut ini tradisi Lebaran di 10 negara yang pelajar juga perlu tahu untuk menambah wawasan.

1. Malaysia

Tidak jauh berbeda dengan Indonesia, masyarakat Malaysia juga merayakan Lebaran dengan ketupat, lontong, dan rendang. Setelah menjalankan salat ied, dilanjutkan dengan ziarah ke makam orangtua. Lalu berkumpul dengan sanak keluarga untuk silaturahmi. Mereka saling berbagi hadiah berupa uang pada anak-anak.

2. Arab Saudi

Ketika Lebaran tiba, masyarakat Arab menghiasi rumah mereka agar lebih menarik, bahkan terlihat baru. Mereka berkumpul dengan keluarga besarnya utuk mengadakan azimah. Azimah ini serupa dengan tradisi di Indonesia yang biasa dikenal dengan Open House. Hal yang membedakan adalah sajian makanannya, yaitu olahan daging domba dicampur nasi dan sayur tradisional. Ini merupakan menu khas Arab Saudi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)