Sederet Universitas Swasta yang Sering Berikan Beasiswa, Bisa Jadi Referensi

Rabu, 04 Mei 2022 - 00:09 WIB
loading...
Sederet Universitas Swasta yang Sering Berikan Beasiswa, Bisa Jadi Referensi
Beasiswa perguruan tinggi swasta. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Beasiswa merupakan sebuah bantuan keuangan untuk mahasiswa dengan beberapa kriteria tertentu. Baik di kampus swasta maupun negeri, beasiswa diminati banyak mahasiswa karena bisa membantu kelangsungan kuliahnya.



Terlebih lagi di kampus swasta yang umumnya membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan kampus negeri. Berikut daftar kampus swasta yang menyediakan beasiswa.

1. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina berlokasi di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Di Kampus ini tersedia enam jenis beasiswa. Beasiswa tersebut adalah Beasiswa Ujung Negeri, Beasiswa Influencer, Beasiswa Future Leaders, Beasiswa Karakter Unggulan, Beasiswa Bazma Universitas Pertamina, dan Beasiswa Generasi Juara.

Akreditasi universitas ini adalah B. Kampus ini juga menyediakan beragam fasilitas yang menunjang kebutuhan akademis, seperti perpustakaan, laboratorium, dan auditorium.



2. Telkom University

Telkom University adalah salah satu kampus swasta milik BUMN. Kampus yang berlokasi di Bojongsoang, Kabupaten Bandung ini membuka berbagai jenis beasiswa. Beasiswa di Telkom University tersebut meliputi beasiswa keagamaan, beasiswa IDCloud Host, Indonesia Gold Generation Scholarship, dan Beasiswa Quipper Scholarship Award.

Masing-masing beasiswa memiliki kriteria yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang ingin memperolehnya. Selain beasiswa, Kampus ini sudah terakreditasi Unggul atau A ini juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai untuk kegiatan akademik dan non-akademik.

3. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) memberikan berbagai beasiswa dalam bentuk pemberian keringanan biaya studi, pemberian bantuan biaya studi, dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa prestasi akademik dan non-akademik.

Jenis beasiswa yang ada yaitu Penghargaan Arindama, Beasiswa Santyana Bhakti, Beasiswa Kriyasadana, dan Beasiswa Silih Asuh. Tentunya setiap beasiswa itu menetapkan sejumlah kriteria yang berbeda. Kampus yang terletak di Cidadap, Bandung, ini sudah terakreditasi Unggul.

4. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Universitas Pelita Harapan merupakan sebuah universitas swasta yang berada di Tangerang. UPH berkomitmen untuk terus melakukan standardisasi layanan berkelas dunia. Kampus ini mendapatkan akreditasi B.

Universitas ini menyediakan delapan jenis beasiswa. Beasiswa tersebut di antaranya, Beasiswa Dhuafa, Beasiswa KIP Kuliah, Beasiswa Prestasi Khusus, Beasiswa Jalur Undangan Prestasi, dan Beasiswa Yatim Piatu. Di kampus ini juga terdapat fasilitas yang lengkap, seperti sarana dan prasarana olahraga, ruang pertemuan, sarana ibadah, dan poliklinik.

5. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia merupakan salah satu universitas swasta yang berada di Yogyakarta. Di kampus ini terdapat lima beasiswa yaitu Beasiswa Duafa, Beasiswa Hafiz Al-Quran, Beasiswa Santri Unggulan UII, Beasiswa Unggulan, dan Beasiswa Atlet dan Juara Seni.

UII juga memberikan beasiswa untuk mahasiswa asing dalam program Future Global Leader Scholarships 2022. Universitas ini sudah mendapatkan akreditasi Unggul. Terdapat berbagai fasilitas yang memadai untuk kegiatan akademik maupun non-akademik mahasiswa, seperti perpustakaan, pondok pesantren, masjid, gedung olahraga, dan rusunawa mahasiswa.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)