4 Tips Jitu untuk Perbesar Peluang Lolos UTBK SBMPTN 2022

Rabu, 04 Mei 2022 - 09:54 WIB
loading...
4 Tips Jitu untuk Perbesar Peluang Lolos UTBK SBMPTN 2022
4 tips jitu untuk lolos UTBK SBMPTN 2022. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 akan dimulai 17 Mei 2022 nanti. Siapkan diri agar bisa lolos dari persaingan masuk ke perguruan tinggi negeri yang terbilang ketat ini.

Pelaksanaan UTBK SBMPTN tahun ini dibagi dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pada 17-23 Mei 2022 dan UTBK SBMPTN gelombang kedua dimulai pada 28 Mei sampai dengan 3 Juni 2022.

Penerimaan mahasiswa baru melalui SBMPTN memang terbilang kompetitif. Tahun lalu, jumlah 777.858 pendaftar UTBK SBMPTN, peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2021 hanya ada 184.942 peserta.

Oleh karena itu, sebisa mungkin lakukan persiapan secara maksimal usai melengkapi Hari Raya Idul Fitri dengan berlebaran dan bersilaturahmi bersama keluarga dan kerabat.

Baca: 5 Orang Indonesia Miliki Gelar Akademik Terbanyak, Nomor 3 Sandang 32 Title

Selain itu, jika ingin memperbesar peluang lolos UTBK SBMPTN 2022 bisa lakukan 4 langkah mudah ini yang dikutip dari laman Aku Pintar.

1. Jangan cuma diperbanyak latihan soal, pahami juga konsepnya

Bukan rahasia lagi, latihan soal-soal ujian masuk PTN (UTBK) menjadi tugas mutlak yang harus kita kerjakan kalau ingin lolos SBMPTN. Soal-soal ujian dari tahun ke tahun memiliki pola yang tak terlalu jauh berbeda. Semakin banyak kita bertemu soal latihan, semakin kenal pula kita pada pola yang sering muncul.

Sebaiknya berlatih soal-soal UTBK dalam bentuk hard copy atau soft copy? Keduanya sama-sama berguna, bahkan kita dapat memilih salah satunya sesuai dengan keadaan. Misalnya membaca buku latihan soal kesannya terlalu lebay saat menunggu menu pesanan makanan take away disiapkan, kita dapat menyimpan latihan soal dalam file dokumen di ponsel. Akan lebih mudah lagi bila kita belajar melalui aplikasi di ponsel.

Kita juga harus mampu mencermati materi ujian. Pelajari dulu dari materi dan soal-soal yang mudah, baru kemudian beranjak pada materi dan soal-soal yang lebih sulit. Hal ini terutama berlaku bila kita ingin lintas jurusan di UTBK 2022 dengan mengambil kelompok ujian IPC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3281 seconds (0.1#10.140)