4 Jurusan Sastra yang Sepi Peminat, Bisa Jadi Referensi Masuk PTN

Kamis, 05 Mei 2022 - 08:28 WIB
loading...
A A A
Sastra Jerman memiliki peminat tidak lebih dari 210 orang di Universitas Negeri Surabaya. Di tahun 2021, peminatnya hanya 119 orang dengan daya tampung 19 orang. Sementara itu, peminat sastra Jerman di tahun sebelumnya hanya 109 orang. Di Universitas Negeri Surabaya sendiri, peminat sastra Jerman tertinggi ada di tahun 2018, dengan 204 orang.

Mahasiswa yang kuliah di sastra Jerman akan mendapatkan kompetensi di bidang kesusastraan, pariwisata, diplomasi, dan kajian budaya. Lulusan sastra Jerman juga dinilai tidak perlu risau dalam mencari pekerjaan. Sebab, semakin banyak warga Jerman yang bertandang ke Indonesia untuk berlibur. Hal ini merupakan peluang kerja bagi lulusan sastra Jerman, misalnya sebagai pemandu wisata.

4. Sastra Prancis

Sastra Prancis juga masuk dalam jurusan sastra yang minim peminat. Di Universitas Brawijaya, hanya ada 103 calon mahasiswa yang memilih jurusan ini pada SNMPTN. Sementara itu, ada 168 peminat yang mendaftarkan diri melalui jalur SBMPTN. Mereka yang berhasil duduk sebagai mahasiswa sastra Prancis, akan mendapat pengetahuan lengkap mengenai Prancis.

Mulai dari budaya, linguistik, sampai kesusastraan. Selain itu, mahasiswa sastra Prancis juga bisa mempelajari bahasa negara lain melalui mata kuliah peminatan. Contohnya adalah Portugal, Spanyol, dan Italia.

Diolah dari berbagai sumber
Ajeng Wirachmi/Litbang MPI
(mpw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)